Fix The request could not be performed because of an i/o device error Fix The request could not be performed because of an i/o device error - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

Fix The request could not be performed because of an i/o device error

Cara Memperbaiki "Fix The request could not be performed because of an i/o device error"


Pada kesempatan kali ini saya ingin share mengenai masalah yang baru saja saya hadapi, jadi begini; lagi semangat semangatnya kerja tiba tiba listrik dikantor mati (saya sih santai soalnya pake labtop, hehehe) tapi temen kerja saya pada teriak "yahhhhh belom disave kerjaannya". Setelah 1 jam menunggu akhirnya listrik dikantor sudah hidup lagi dan semuanya kembali bekerja dengan komputernya.

Saya pun lanjut bekerja dan tiba tiba saya dipanggil rekan kerja saya "waduh ada apa ini ya, pasti ada yang rusak karena mati lampu nih komputernya", benar saja ternyata komputer teman saya error pada saat pertama booting dengan keterangan error sebagai berikut :

hard disk drive failure when star

Dengan keterangan gambar diatas saya berpikir wah wahh hardisk nya kena nih (rusak gitu maksudnya), yaudah saya bawa komputernya ke ruangan workshop IT dan saya coba untuk memperbaikinya dengan langkah langkah sebagai berikut :



  1. Buka cassing komputernya "Kebetulan komputernya dell optiplex 380 jadi gampang bukanya" maaf ga da maksud promo atau pamer-pamer ya.
    komputer desktop

  2. Setelah dibuka cassing nya lalu saya cabut harddisknya "Kalo brandit enak bongkar pasangnya". 
    inside komputer desktop

  3. Lalu saya tandem ke komputer desktop saya "di pasang di sata2".

  4. Saya hidupkan komputer saya "sempetin nyeruput kopii biar fresh hehehe", niatnya saya mau backup datanya kalo bisa ehh ternyata pas saya klik harddisk nya ada keterangan dari windows begini : 
    location is not available

  5. Oke saya coba backup pake software easus data recovery, saya coba gunakan software tersebut dan saya liat ada progress scaning data. saya tunggu 1 jam scaning baru 1% ditunggu 3 jam baru 2%, dah aja tinggal pulang bodo amat komputer hidup terus ekekekke.

  6. Besok paginya saya kekantor dan saya lihat itu easus kaga ada perubahan persen nya, udah lah kaga usah diterusin "sedikit kecewa sih". yaudah saya googling aja dulu cari-cari solusinya yang lain, ternyata ada juga di googling solusinya (banyak yang menganjurkan di repair harddisknya pake linux), baiklah saya coba ikutin pake linux kebetulan saya ada cd elementary, shutdown aja dulu komputernya kalau sudah hidupkan lagi komputernya dan masukan cd ubuntu nya

  7. Gunakan try elementary jadi ga usah install elementary nya : 

    linux elementary

  8. Jika sudah masuk ke elementary maka langsung aja buka cmd, coba cek harddisknya ke detect ga dengan menggunakan command : sudo fdisk -l lalu enter. 

    sudo fdisk linux elementary

  9. Terlihat kan harddisknya ada di sda berapa, nah sekarang sda yang menjadi target akan coba dibenerin ntfsnya dengan mengetikkan : sudo ntfsfix /dev/sda? ( ? maksudnya adalah sda berapa yang menjadi target biasanya sda0 sda1 sda2 nah mana tuh harddisk yang rusak). 

  10. Jika ada keterangan processed successfully  atau seperti gambar dibawah ini 

    repair ntfs hard disk drive
Maka NTFSFIX telah berhasil dan kita bisa melanjutkan untuk membackup datanya.
Hidupkan lah komputer windows dan coba cek harddisk sudah terdetect atau belum? pastinya sudah jika tidak ada error berkelanjutan pada saat ntfsfix di elementary, Jika sudah terdetect buru buru dah di backup datanya sebelum tuh harddisk nya corap lagi ( Backup nya cukup copy semua datanya ke harddisk lain yang masih waras yaa..).

Alhamdulillah tuh data bisa dibackup dan tidak ada yang corap datanya, dan rekan kerja saya bisa sumringah karena datanya tidak jadi hilang.

Demikian sahabat berguruit, maksud saya sih share aja bukan mau ngajarin dan tidak bermaksud jago jagoan, saya yakin diluar saya masih banyak yang hebat-hebat ilmunya. Gambar di atas semuanya saya ambil di internet karena saya tidak sempat print screen, jadi maaf ya kalo gambarnya kurang sesuai ( maksunya tuh gambar buat ilustrasi aja broo..)

Mohon maaf jika dalam penulisan artikel ini bahasanya kurang baik, jika ada pertanyaan seputar masalah ini boleh dikomen insyaallah dijawab cepat.

Salam Berguru IT



0 Komentar untuk " Fix The request could not be performed because of an i/o device error"