Cara menjadi seorang IT yang handal Cara menjadi seorang IT yang handal - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

Cara menjadi seorang IT yang handal

Tips Menjadi Seorang IT profesional

Cara Menjadi Seorang IT yang Handal

Dunia komputer itu sangat luas banget bahkan berkat dunia komputer sampai-sampai yang ga mungkin menjadi mungkin contohnya banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan automisasi untuk membantu pekerjaan kita.

Berbicara mengenai pekerjaan yang sekarang ini paling digandrungi yaitu profesi IT, gimana enggak coba dilihat itu yang mendirikan google, apple dan microsoft mereka sukses berkat kerja keras dalam bidang IT.

Walaupun diantara pendiri google, apple dan microsoft ada yang tidak berlulusan sarjana IT tetapi mereka bisa memanfaatkan peluang bisnis didunia IT atau teknologi. Jadi kenapa bisa saya bilang dunia IT itu sangat digandrungi oleh orang banyak, saking banyaknya sampai-sampai anak SD aja udah ada yang jago IT.



Berbicara mengenai IT ada hal yang musti kita tau sebenarnya IT itu dibagi dalam berapa bidang sih ? Secara umum bidang IT ada 3 yaitu :

1. Hardware (Teknik Komputer); bidang ini fokusnya ke masalah hardware dan periperal komputer.

Kalo mau jadi ahli ini, pelajari tentang hardware komputer seperti harddisk, motherboard, ram procesor power supplay dan lain sebagainya serta Operating System dan sering bereksperimen dengan hardware nya komputer seperti upgrade spesifikasi hardware.

2. Software (Sistem Informasi); bidang ini lebih kepada membuat sistem. Bidang ini juga memiliki beberapa kategori:

a. Programmer, membuat sistem aplikasi.

Kalo mo jadi seperti ini, pelajari algoritma pemograman suatu bahasa.

b. Sistem Informasi, ini yg merancang sistem.

kalo mo jadi seperti ini, pelajari tentang data flow diagram (DFD), entity relationship diagram (ERD) nah DFD dan ERD itu apa sih?

DFD adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan logis. contoh nya seperti ini

DFD IT

ERD dalam rekayasa perangkat lunak, sebuah Entity-Relationship Model (ERM) merupakan abstrak dan konseptual representasi data. Entity-Relationship adalah salah satu metode pemodelan basis data yang digunakan untuk menghasilkan skema konseptual untuk jenis/model data semantik sistem. Dimana sistem  seringkali memiliki basis data relasional, dan ketentuannya bersifat top-down. Diagram untuk menggambarkan model Entitiy-Relationship ini disebut Entitiy-Relationship diagram, ER diagram, atau ERD. contohnya seperti ini :

ERD perangkat lunak


jangan lupa untuk mempelajari algoritma.

c. Sistem database, ini biasa nya yg bertanggung jawab terhadap database.

Pelajari dasar-dasar database, cara membuat database, sintak sql, mysql sampe ke advance nya(trigger, backup data, storeprocedure, etc).

Dari bidang-bidang diatas diperlukan jiwa profesionalitas yang original tinggi, dan seorang IT yang profesional harus menanamkan jiwa seperti ini :
  • Memiliki kemampuan / keterampilan dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan bidang pekerjaan IT.Seorang IT harus mengetahui dan mempraktekkan pengetahuan ITnya ke dalam pekerjaannya. Intinya banyak-banyak eksperimen juga.
  • Punya ilmu dan pengalaman dalam menganalisa suatu software atau Program aplikasi.
  • Bekerja di bawah disiplin kerja
  • mampu melakukan pendekatan disipliner
  • Mampu bekerja sama
  • Cepat tanggap terhadap masalah client
  • Mempunyai tools hardware maupun software (Modal sendiri lebih bagus)
  • Rajin update atau cari tau perkembangan teknologi dan harga barang IT.
  • Tidak menerima order kerjaan selain IT kecuali disuruh atasan atau boss
  • Mau menerima masukan (ini sangat-sangat penting) biar ga sombong.
  • Luangkan waktu untuk belajar lagi.
Jika memang sudah mengarah ke profesional usahakan fokus dalam satu bidang saja seperti fokus ke bidang hardware atau juga fokus di software, kenapa saya bilang harus fokus salah satu karena sangat jarang ada orang menguasai semua bidang. Pilihlah bidang yang anda sukai dan jangan ragu-ragu karena akan membuang-buang waktu anda. Ingat teknologi itu perkembangannya sangat cepat jadi usahakan pengetahuannya ditambah terus jangan sampai statis.

Bila sudah fokus bidang tertentu dan sudah memahami jiwa profesionalisme IT maka anda harus melengkapi diri dengan tools pendukung agar mempermudah gerak kerja menjadi lancar, kenapa begitu ya karena IT merupakan ujung tombak sebuah perusahaan jika IT berjalan tidak semestinya dapat dipastikan perusahaan akan sangat terganggu bahkan menyebabkan kerugian. Berikut peralatan kerja yang wajib anda miliki sebagai seorang IT pro.

Untuk seorang IT Network Support wajib memliki :
  • 1 set tang cramping
cramping rj45
Tang Crimping adalah tang khusus untuk menjepit RJ 45 pada kabel UTP agar kabel merekat dengan baik pada pin yang ada di RJ 45. Tang Crimping sangat wajib dimiliki karena seorang IT Network Support tidak bisa lepas dengan namanya kabel LAN. Karena tanpa tang crimping Seorang IT Network Support tidak bisa menterminasi kabel LAN dengan Konektor RJ 45.jadi merupakan kebutuhan yang sangat sangat wajib dan krusial banget. Untuk jenis cramping disamping itu merupakan cramping yang bagus dan mudah digunakan, ada juga model cramping yang agak susah dan terasa keras saat cramping rj45 seperti model ini.
cramping rj45

    image
  •  Kabel Jumper
Kabel jumper merupakan kabel LAN pendek yang ukuran nya sekitar 2 meter atau lebih, sangat di butuhkan seorang IT Network Support untuk melakukan maintenance perangkat network yang sedang bermasalah. 
  • Obeng Plus Minus
Dalam melakukan Troubleshooting atau dalam instalasi perangkat network, peralatan obeng plus dan minus juga berperan penting dalam kelancaran pekerjaan seorang IT Network Support, baik itu pemasangan perangkat network ke dalam server mau pun hal yang lain nya. Kalau tidak punya obeng plus minus bisa minjem tetangga tapi jangan lupa balikin (ini peralatan penting kalau tidak ada pasti kelabakan).
  •  Kabel Console
Kabel konsole router cisco
Sama hal nya dengan kabel jumper, kabel console juga sangat berperan penting dalam melakukan pekerjaan seorang IT Network Support, baik itu dalam hal configurasi perangkat network seperti router, mau pun untuk kegiatan maintenance yang mengharuskan meremote perangkat tersebut dengan kabel console.
  • Persediaan Rj 45
Persedian Rj45
Selalu sediakan RJ 45 untuk backup, karena tidak kalah penting nya dengan yang lain, jadi jika terjadi kerusakan konektor RJ 45 ada cadangan yang tersedia dan bisa langsung di perbaiki dengan cepat.
  • Kabel Tester
Kabel Tester LAN
Biasanya alat ini selalu dibawa oleh seorang it network support karena dengan alat ini kita bisa maintenece jaringan lan dan juga sebagai standart cek konektor kabel lan sebelum intalasi jaringan. Dengan alat ini kita bisa meminimalisir kesalahan crimping, coba bayang kan jika kita main pasang aja kabel lan ke jaringan apa kaga bengek, iya kalo yang dipasang jarak dekat coba kalu lain lantai atau lain gedung. Sebaiknya setelah crimping langsung di tester ya biar ga salah.

Ke 6 peralatan tersebut sangat wajib di miliki bagi seorang IT Network Support. Karena kecepatan dalam memperbaiki dan menganalisa keadaan di lapangan sangat di tuntut agar pekerjaan yang di lakukan bisa selesai tepat waktu dan berkaitan dengan kelengkapan peralatan yang di miliki.

Demikian yang dapat saya utarakan, artikel ini mungkin diluar materi pendidikan yang anda ketahui karena artikel dikhususkan bagi seseorang yang mau belajar tentang IT secara mandiri atau otodidak seperti saya ini. Jika ada kekurangan dalam penulisan artikel ini dimohon maaf ya, saya bersedia dikoreksi jika ada yang kurang tepat didalam artikel ini demi kemajuan IT indonesia.

0 Komentar untuk "Cara menjadi seorang IT yang handal"