Dasar-Dasar VB.Net Dasar-Dasar VB.Net - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

Dasar-Dasar VB.Net

Dasar dasar Vb.net

Pemahaman Dasar-Dasar VB.Net


Pada dasarnya setiap programer akan selalu memahami karakteristik setiap bahasa program yang ingin digunakan, mulai dari compatible, user interface, repot dan pengolahan database. Oleh sebab itu jika anda ingin menjadi seorang programer maka anda harus memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu, baru setelah memahami dasarnya anda silahkan lanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Seorang programmer dituntut untuk focus agar mendapatkan hasil yang maksimal serta sesuai yang direncanakan, hindari mempelajari bahasa program yang lain agar anda bisa mempelajari dan memahami dengan cepat, namun jika sudah mahir anda bisa mempelajari bahasa program yang lainnya. Secara rinci saya mencoba mengurai istilah Visual basic dan sejarahnya sebagai berikut :



Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, f#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET.

Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.

Program microsoft VB.Net itu sederhana, modern, berorientasi objek bahasa pemprograman komputer yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menggabungkan kekuatan Framework dan runtime bahasa umum dengan manfaat produktivitas yang merupakan ciri khas dari Visual Basic.

Tutorial ini akan disiapkan untuk pemula dan untuk membantu mereka dalam memahami pemprograman VB.Net dasar. Setelah menyelesaikan tutorial ini, Anda akan menemukan diri Anda pada tingkat yang mana dalam pemprograman VB.Net dari mana Anda dapat mengambil sendiri ke tingkat berikutnya.

Sejarah perkembangan Visual basic sampai ke VB.Net



Version VBReleaseKeterangan
Visual Basic 1.01991Visual Basic 1.0 dirilis kembali pada tahun 1991. Satu-satunya tujuan dari visual basic 1.0 adalah untuk bertindak sebagai platform pemrograman untuk sistem programmable yang berbeda dalam lingkungan Windows.
Visual Basic 1.0 untuk DOS1992Setelah merilis visual basic 1.0, versi lain dengan nama Visual Basic 1.0 untuk DOS diperkenalkan kembali pada tahun 1992. Versi ini sebenarnya pasca rilis untuk kompiler BASIC berbasis DOS, QuickBasic (compiler lain yang dikembangkan oleh Microsoft) dan dasar profesional Pengembangan Sistem yang dibuat oleh Microsoft. Itu satu-satunya alasan untuk non-kompatibilitas bahasa dengan Visual Basic untuk Windows. Fitur dari versi ini sangat ditangani interface yang digunakan untuk merangsang tampilan antarmuka pengguna grafis dengan bantuan karakter ASCII.
Visual Basic 2.01992Visual Basic 2.0 versi Basic tua Visual dirilis kembali pada akhir tahun 1992. Satu-satunya tujuan dari rilis ini adalah untuk memodifikasi beberapa tunas dan mempercepat kinerja keseluruhan platform. lingkungan juga bergeser ke arah versi lebih mudah untuk membantu orang menggunakan Visual Basic dengan mudah.
Visual Basic 3.01993Pada pertengahan tahun 1993, versi lain dari visual basic dengan nama Visual Basic 3.0 dirilis. Versi ini lebih lanjut dirilis dalam dua varian yang berbeda yaitu Standard Visual Basic 3.0 dan profesional Visual basic 3.0. Penambahan utama Visual Basic 3.0 adalah penyediaan dari mesin database. Kemampuan utama mesin database ini adalah bahwa hal itu bisa membaca dan menulis database, biasanya Access Database.
Visual Basic 4.01995Visual Basic 4.0 dirilis pada tahun 1995. Ini adalah rilis pertama kalinya dari Visual Basic yang memiliki kemampuan untuk membuat program 32-bit dan 16-bit. Selain itu, untuk pertama kalinya, rilis ini memungkinkan programmer untuk menulis kelas di VB.
Visual Basic 5.01997Pada tahun 1997, versi lain dari visual basic dirilis dengan nama Visual basic 5.0. Versi ini diaktifkan untuk program 32-bit dalam lingkungan Windows. Satu keuntungan baik dari visual basic 5.0 adalah bahwa hal itu memungkinkan programmer untuk menulis program dalam 5.0 dan program impor yang sudah ditulis dalam visual basic 4.0. Nasabah Pengguna Kontrol dan Kompilasi kode untuk windows asli kode executable adalah dua fitur utama visual basic 5.0. Rilis ini juga datang dengan cepat eksekusi runtime kode.
Visual Basic 6.01998Pada tahun 1998, versi lain dari visual basic memukul pasar dengan nama Visual Basic 6.0. Dengan rilis ini, sejumlah aspek dalam arena dasar Visual ditingkatkan. Untuk pertama kalinya, programmer dan desainer saling bisa menggunakan Visual Basic 6.0 untuk membuat program dalam lingkungan Windows serta aplikasi Web menggunakan browser IE.
Visual Basic .NET 2002 (VB 7.0)2002Visual basic.NET adalah bahasa pemrograman-bahasa yang tinggi dengan implementasi terpadu dari .NET Framework. Diluncurkan pada tahun 2002, Visual Basic.NET bertindak sebagai platform dasar bagi programmer untuk memprogram kode dalam lingkungan Windows menggunakan Framework. Visual Studio adalah paket-tingkat berikutnya untuk pengembangan lebih lanjut dari Visual Basic.NET menggunakan lingkungan pengembangan terpadu (IDE).
Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1)2003Selanjutnya, pada bulan Maret 2003, Microsoft pun merilis lagi versi yang lebih baru dari Visual Basic .NET, Visual Basic .NET 2003. Versi ini berisi beberapa perbaikan dibandingkan dengan versi sebelumnya, dan aplikasi yang dibuatnya dapat berjalan di atas .NET Framework versi 1.1. Fitur yang ditambahkan adalah dukungan terhadap .NET Compact Framework dan mesin wizard upgrade VB6 ke VB.NET yang telah ditingkatkan. Peningkatan yang lainnya adalah peningkatan pada performa dan keandalan dari Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic itu sendiri, dan juga runtime engine. Visual Basic .NET 2003 tersedia dalam beberapa jenis cita rasa: Professional, Enterprise Architect dan Academic Edition. Khusus untuk Visual Basic .NET 2003 Academic Edition, versi tersebut didistribusikan secara gratis untuk beberapa sekolah di dalam setiap negara; versi Professional dan Enterprise Architect merupakan produk komersial.
Visual Basic 2005 (VB 8.0)2005Setelah itu, Microsoft pun berkonsentrasi dalam mengembangkan Microsoft .NET Framework 2.0, dan tentunya alat bantu untuk membangun program di atasnya. Hingga pada tahun 2005, mereka pun merilis versi terbaru dari Visual Basic .NET, yang kali ini disebut dengan Visual Basic 2005 (dengan membuang kata ".NET"), bersama-sama dengan beberapa aplikasi pengembangan lainnya.
Visual Basic 9.0 (Visual Basic 2008)2007Versi ini merupakan versi terbaru yang dirilis oleh Microsoft pada tanggal 19 November 2007, bersamaan dengan dirilisnya Microsoft Visual C# 2008, Microsoft Visual C++ 2008, dan Microsoft .NET Framework 3.5.
Visual Studio 20102009Didalamnya terdapat penambahan bahasa program f#
Visual Studio 20122012Microsoft meluncurkan Visual Studio 2012 pemutakhiran 4 (Visual Studio 2012.4) pada tanggal 13 Januari 2013. Selain itu, pembaruan ini juga memperbaiki berbagai masalah.
Visual Studio 20132013Pada Visual basic 2015 banyak dilakukan perubahan oleh microsoft terutama pada sisi interface dan area kerja koding
Visual Studio 20152015Visual Basic 2015 adalah versi terbaru dari Visual Basic diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 2015. Micrsoft telah menambahkan banyak fitur baru terutama fitur tersebut untuk membangun aplikasi mobile. Visual Basic 2015 adalah matang penuh Object-Oriented Programming (OOP) Bahasa, seperti bahasa OOP lainnya seperti C ++, Java, C # dan banyak lagi. Visual Basic 2015 dibundel bersama-sama dengan bahasa Microsoft Programming lainnya C # C ++, F #, JavaScript, Python dan lebih dalam sebuah paket bernama Visual Studio Community 2015

Dasar - dasar fungsi Toolbox pada VB.net


Memahami fungsi toolbox pada vb.net sangatlah penting agar dalam proses pembuatan aplikasi lebih cepat dan efisien. Mungkin buat sebagian orang memilih langsung praktek dari pada baca baru praktek, mungkin itu benar atau juga salah. Oke langsung saja kita uraikan :

Toolbox pada Vb.net terbagi dalam beberapa bagian yaitu :


  1. Common Control
  2. Countainer
  3. Menu & Toolbars
  4. Data
  5. Printing
  6. Dialogs
  7. Reporting
Toolbox vb.net

Jika Common Control diurai maka akan terlihat seperti ini :

Buka toolbox Vb.Net

Dan untuk mengenal fungsi-fungsi toolbox diatas adalah sebagai berikut :

NoNama ToolsKeterangan
1ButtonDigunakan untuk melakukan perintah seperti (CRUD, dll)
2CheckboxDigunakan untuk memeilih item yang terdiri dari satu item
3CheckListBoxFungsinya sama dengan CheckBox, hanya saja dengan tool ini berbentuk list dalam satu frame
4ComBoboxDengan tool ini dapat digunakan untuk memilih item dalam bentuk combo
5DateTimePickerUntuk menampilkan data tanggal
6LabelUntuk memberikan label pada control yang ada
7LinkLabelDengan kontrol ini apabila label tersebut di klik akan mengarah ke alamat website di internet
8ListBoxUntuk menampilkan beberapa item dalam tipe box
9ListViewUntuk Menampilkan data secara list maupun grid
10MaskedTextBoxUntuk menampilkan data dengan format tertentu
11MonthCalenderBerfungsi untuk menampilkan kalender secara grafikal dan pemakai dapat memilih range tanggal.
12NotifyIconUntuk menampilakan icon sistem di Task bar windows bagian kanan
13NumericUpDownUntuk menyajikan nilai numeric saja
14PictureBoxUntuk Menampilkan Gambar dalam bentuk box
15ProgressBarUntuk Menunjukkan adanya sebuah proses dalam tampilan bar
16RadioButtonUntuk Menampilkan pilihan item, dari 2 item dipih hanya 1
17RichTextBoxUntuk menampilkan text dalam format tulisan panjang
18TextBoxUntuk menampilkan text atau untuk area input text
19ToolTipUntuk menampilkan info dari toolbox yang di pilih
20TreeViewMenampilkan data dalam bentuk baris baris berkaitan
21WebBrowserUntuk menampilkan halaman website
22FlowLayoutPanellayout manager yang simple. FlowLayout menyusun komponen berdasarkan ukuran defaultmasing-masing, dengan posisi mulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah di dalam container yang digunakan.
23GroupBoxbiasanya digunakan untuk Pengelompokan didalam sebuah Form. hal ini dimaksudkan agar Form lebih tertata rapi.
24PanelUntuk mengelompokkan kumpulan kontrol, tidak bisa diberi label judul dan frame yang dapat digulung.
25SplitContainerKontrol SplitContainer dapat dikatakan sebagai gabungan kontrol panel yang dipisahkan oleh bar.
26TabControlKontrol yang digunakan untuk menampilkan beberapa tab, dan dapat berisi kontrol-kontrol lainnya.
27TableLayoutPanelKontrol TableLayoutPanel digunakan untuk menyusun kontrol dalam bentuk panel.
28ContextMenuStripSerangkaian menu yang akan muncul apabila suatu button diklik. Contohnya seperti pada ms.word apabila kita klik kanan pada text yang di blok maka, ada pilih seperti cut, copy, atau paste. Menu itu dalam vb net disebut sebagai contextmenustrip.
29MenuStripKontrol menustrip menyediakan fungsionalitas untuk mengintegrasikan form-form ke dalam suatu menu. Kontrol ini juga mendukung antarmuka beberapa dokumen (MDI), oenggabungan menu, dan tooltip. Untuk meningkatkan readability menu, Anda dapat menambahkan shortcut, ikon, dan variasi lainnya seperti pada contextmenu.
30StatusStripMerupakan kontrol status bar, dan umumnya terdiri atas objek-objek statusstripanel. Sebagai tambahan, kontrol ini juga bisa berisi kontrol toolstriplabel dan progressbar.
31ToolStripKontrol toolstrip digunakan untuk membuat toolbar dan elemen-elemen antarmuka user lainnya yang memiliki prilaku seperti Microsoft Office.
32ToolStripContainerKontrol ini digunakan untuk menampung satu atau beberapa Toolstrip, Menustrip, dan statusStrip.
33ChartUntuk menampilkan data secara grafik
34BindingNavigatorKontrol ini merepresentasikan navigasi dan manipulasi antarmuka user untuk kontrol yang mem-bind data.
35BindingSourceUntuk menyederhanakan kode program navigasi data, master-detail, penyaringan, atau pengurutan data.
36DataGridViewSebuah kontrol di VB .net yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk grid. Control ini dapat dikoneksikan dengan berbagai jenis database, dan menampilkan isi dari tabel atau query melalui perintah SQL
37DataSetObjek yang merepresentasikan data dan relasinya di memory. Strukturnya mirip dengan data di database. Dataset berisi koleksi dari data table dan data relation.
38BackgroundWorkerComponent yang dapat menjalankan atau mengeksekusi kode pada background atau secondray thread, atau bisa dibilang dengan backgroundworker kita bisa menjalan atau mengeksekusi kode tanpa mengganggu proses pada program utama.
39ColorDialogUntuk menampilkan pilihan warna
40OpenFileDialogUntuk Browse atau menampilkan dan mencari lokasi folder
41SaveFileDialogKontrol meminta pengguna untuk memilih lokasi untuk menyimpan file dan memungkinkan pengguna untuk menentukan nama file untuk menyimpan data.

Saya kira penjelasan fungsi dari toolbox diatas sudah cukup jika ada yang kurang anda bisa mencari refrensi lainnya di internet, bacalah fungsi toolbox diatas dengan seksama agar anda memahami dengan jelas dan pasti.

Jika sudah paham mulailah untuk membuat program sederhana seperti contoh dibawah ini.

1. Buka aplikasi VB.Net (Saya menggunakan VB.Net 2013)
2. Lalu Pilih Menu File > New > Project (Lihat gambar di bawah)

Buka Aplikasi VB.net



3. Pada Jendela dibawah ini Pilih sesuai urutan dan beri nama Project lalu klik OK

Mulai New Project

4. Jika sudah masukkan Button kedalam form1

Form VB.Net New Project

5. Klik dua Kali pada button dan masukkan koding dibawah ini



Public Class Form1
Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button1.Click
        MsgBox("Selamat anda sudah berhasil", MsgBoxStyle.Information, "Info")
    End Sub
End Class

6. Jika sudah memasukkan kode diatas, selanjutnya jalankan program dengan mengklik Start.
7. Klik Button1
Messagebox info Vb.Net

Saya kira ini baru tahap awal anda mempelajari VB.Net dan masih banyak lagi pelajaran yang lain, untuk mengasah kebisaan anda sering-seringlah membuat program sederhana hingga anda menguasai semua tools yang ada di VB.Net

Cukup sampai disini dulu yah, saya akan lanjutkan lagi nanti.

Terima kasih sudah mau berkunjung.
Tags

0 Komentar untuk "Dasar-Dasar VB.Net"

Subscribe