12 Perintah Command Prompt Yang Wajib Anda Ketahui 12 Perintah Command Prompt Yang Wajib Anda Ketahui - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

12 Perintah Command Prompt Yang Wajib Anda Ketahui

Perintah Command Prompt yang wajib anda ketahui


Sepertinya masih banyak diantara kamu yang tidak mengetahui manfaat dari Command Prompt. Melalui command prompt ini anda dapat menuliskan perintah-perintah untuk melakukan sesuatu seperti cek koneksi jaringan atau juga untuk melakukan perbaikan direktori data. Beberapa tools yang tidak memiliki tampilan grafis seperti Command Prompt, berjalan jauh lebih cepat daripada tools yang menggunakan tampilan grafis.

Kali ini saya akan memberikan anda sedikit pengetahuan yang mungkin anda tidak ketahui, 12 perintah Windows yang berguna dan sebaiknya kamu ketahui dari banyaknya perintah command prompt.




Berikut ini 12 Perintah command prompt yang wajib anda ketahui :


  1. Ping

  2. Ping biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan status jaringan LAN atau internet terkoneksi atau tidak, atau juga untuk mengetahui website facebook down atau tidak. Jika kita lakukan ping ke ip tertentu atau domain tertentu hasilnya lancar dan tidak ada RTO ( Request Time Out ) maka dipastikan baik baik saja koneksinya. Saya contohkan anda ingin membuka facebook tapi tidak bisa terbuka facebookrnya, maka anda bisa cek dengan menggunakan perintah ping twitter.com lalu tekan enter. Lihat gambar dibawah ini

    cmd ping

  3. Tracert
  4. Tracert biasanya digunakan untuk memeriksa situs atau alamat ip yang ingin anda akses.

    tracert jaringan

  5. Netstat -an

  6. Perintah netstat juga sangat berguna untuk menampilkan berbagai macam network statistik. Perintah netstat memiliki banyak variasi dan salah satu yang berguna adalah netstat -an yang menampilkan daftar network yang terbuka pada jaringan komputer yang kamu miliki.

    cmd-netstat active connections

  7. IPConfig

  8. Mungkin anda sering mendengar ipconfig namun anda tidak tau fungsinya untuk apa?, ipconfig digunakan untuk mengetahui ip address, mac address atau yang lainnya. Biasanya anda jika mau melihat ip address akan ke control panel, namun cukup dengan menggunakan perintah ipconfig di command prompt dalam sekejap anda dapat mengetahui ip address anda.
    cmd ipconfig ethernet adapter

  9. Ipconfig /Flushdns

  10. Jika anda sering menganti ip dns anda di komputer maka anda harus melakukan clear dns agar dns yang lama tidak terbaca lagi oleh windows.

    cmd ipconfig flushdns windows ip configuration

  11. Shutdown

  12. Shutdown komputer biasanya kita lakukan lewat GUI windows dengan mengklik startmenu lalu pilih shutdown, tapi tau kah anda jika perintah shutdown bisa anda lakukan melalui command prompt dengan menggunakan perintah :
      Shut down: shutdown /s /t 0
      Restart: shutdown /r /t 0
      Resart ke Startup Option: shutdown /r /o

  13. Sfc /scannow

  14. Di windows ada fitur tool system file checker yang bisa membantu anda untuk memperbaiki Windows dengan memeriksa file yang ada di system Windows. Jika ada file di system Windows yang hilang atau corrupt, tool system file checker akan memperbaikinya. 
    Ini sudah banyak membantu permasalahan yang dialami system Windows. Untuk menggunakan tool system file checker, ketikkan perintah sfc /scannow di command prompt. (Jalankan command prompt sebagai administration).

    cmd sfc scannow beginning system scan

  1. Ctrl + C

  2. Fungsi dari ctrl + c adalah untuk menghentikan proses yang sedang dijalankan pada command prompt.

  3. Bootrec /fixmbr

  4. Terkadang windows gagal booting atau tidak mau masuk windows, hal tersebut dikarenakan rusaknya file booting atau biasa disebut MBR (Master Boot Record). Untuk memperbaiki master boot record coba gunakan perintah bootrec /fixmbr pada command prompt. 
    Cara menggunakannya anda harus memasukkan dvd windwos installer ke dalam komputer dan pilih repair your computer > view advance option for system recovery and support > lalu pilih command prompt.

    cmd fixmbr system recovery

  1. Chkdsk

  2. Chkdisk memeriksa alokasi ruang penyimpanan, kesalahan isian. direktori, table alokasi file atau kerusakan fisik disk / Chek Disk Utility.

    cmd-chkdsk file record processed

  3. Nslookup

  4. Tool yang digunakan untuk mengetahui ip dari sebuah domain. nslookup sering dipakai untuk mendiagnosa permasalahan jaringan yang berhubungan dengan dns. Contoh saya akan mengecek ip google dan yahoo.

    cmd nslookup server

  5. Date

  6. Untuk mengeset atau menampilkan tanggal system, jadi anda tidak perlu ke control panel.

    cmd date the current date
Dari perintah-perintah diatas sebenarnya masih banyak lagi perintah perintah yang lainnya, namun tidak saya sebutkan lantaran jarang digunakan. Perintah diatas sudah cukup sering digunakan oleh orang-orang yang mengerti command prompt.

Saya sendiri sering menggunakan perintah ping, tracer, nslookup dan ip config karena saya bekerja di IT jadi otomatis saya harus siap mengecek kondisi jaringan dan kondisi komputer.

Saran saya :

  1. Jangan sungkan untuk mencari referensi dari situs yang lain
  2. Jika anda tertarik dengan artikel yang saya buat, jangan ragu untuk komen atau subscribe :-)
Tags

0 Komentar untuk "12 Perintah Command Prompt Yang Wajib Anda Ketahui"