7 Tips membeli labtop second agar tidak tertipu 7 Tips membeli labtop second agar tidak tertipu - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

7 Tips membeli labtop second agar tidak tertipu

Tips Membeli Laptob Second


Tips membeli labtop second agar tidak tertipu penjual -  Punya labtop baru apalagi yang kelas highend pasti semua orang pada berharap memilikinya, namun karena keterbatasan biaya maka orang cenderung ingin membeli dan mencari laptob second. Sampai dengan hari ini labtop second masih banyak di buru dan digandrungi tapi ada beberapa hal yang musti diperhatikan sebelum membeli laptob second yaitu anda diharuskan jeli dalam memeriksa kondisi barang agar jangan sampai salah membeli barang rusak sehingga anda kecewa berat.

Tips membeli laptop bekas

Jaman sekarang paling banyak yang kita lihat di pusat perbelanjaan pasti handphone bekas bukan laptob bekas karena memang pangsa pasar handphone lebih tinggi dibandingkan dengan komputer. Dalam membeli handphone bekas kita pasti akan periksa-periksa kondisi barang mulai dari cek body, hardware sampai dengan OS nya.



Oleh karena itu memilih labtob bekas juga pastinya kita akan periksa-periksa kondisi barangnya agar kita tidak kecewa, buat kamu yang bingung bagaimana tips membeli dan memeriksa kondisi laptob second agar tidak kecewa :
  1. Cek Kondisi Fisik

  2. Kondisi fisik merupakan hal yang utama dalam memilih sebuah produk karena dari fisik kita sudah bisa merasakan keinginan untuk memilikinya atau tidak, kenapa ayo? karena hal yang paling terlihat jelas ya kondisi fisiknya. Jika kondisi fisiknya bagus (Tidak ada goresan ataupun lecet serta tidak pecah bodynya), itu menandakan bahwa pemilik sebelumnya merawat barang dengan baik dan sebaliknya jika kondisi fisik tidak baik (Ada goresan, lecet, ada body yang pecah) anda harus berfikir ulang untuk membelinya.

    Ada satu lagi yang paling penting yaitu cek kondisi bautnya, apakah masih lengkap atau tidak. Jika bautnya ada yang kurang berarti sudah pernah diservice dengan orang yang tidak profesional.

  3. Cari Penjual yang terpercaya dan responsif

  4. Biasanya jika kita membeli dengan orang yang kita kenal maka kita akan mendapat jaminan bahwa barangnya bagus, baik itu secara fisik maupun performanya. Orang yang kita kenal pastinya tidak enakkan menjual barang tidak bagus ke temannya, bahkan si orang tersebut pasti berani memberikan jaminan garansi lebih lama. Jadi prioritaskan membeli dari orang yang dikenal agar tidak kecewa.

  5. Cek Fungsi dan Performa

  6. Sampai disini anda harus serius melakukanya dan jangan sampai tidak karena jika sudah terlanjur membeli dan sudah terlanjur sampai rumah anda akan malas untuk kembali ke penjual bila ada cacat fungsi dari labtop tersebut. Yang wajib anda cek pada bagian peripheralnya :

    - Cek fungsi keyboard, pastikan berfungsi semua
    - Cek tombol-tombol pada labtop tersebut (Tombol power terutama)
    - Cek Port usb, masih berfungsi atau tidak
    - Cek Colokan powernya, masih rapet apa sudah longgar (Kalau sudah longgar, jangan dibeli)
    - Cek webcamenya, masih fungsi atau tidak
    - Cek speakernya, Kalau tidak berfungsi ngapain dibeli

    Untuk mengecek performa anda bisa lakukan buka folder sebanyak-banyaknya atau buka browser sebanyak-banyaknya, biasanya jika labtop dengan performa rendah akan hang atau yang paling parang bluescreen. jika anda kurang paham anda bisa cek score pada system di control panel.

  7. Cek Kondisi Baterai dan Chargernya

  8. Baterai merupakan komponen penting karena tidak ada baterai tidak bisa mobile, lalu untuk apa beli labtop?. Berarti baterai tidak boleh tidak ada dan harus ada serta baik, memang untuk mengecek kondisi baterai dalam kondisi baik atau tidak agak susah, namun hal yang paling mudah kita lakukan adalah dengan cara :

    - Lihat indikator lampu baterai pada labtop, apakah masih fungsi atau tidak.
    - Lihat status baterai di pojok kanan bawah pada layar labtop, jika 100% itu artinya baterai terditect oleh software dengan baik.
    - Lakukan test dengan cara membuka file berat serta setel video selama kurang lebih 15 menit, jika ada penurunan tajam status baterai (dari 100% ke 10%) maka baterai tersebut tidak layak digunakan.
    - Periksa kondisi fisik charger, Jika kabel terkelupas atau body charger bolong jangan dibeli.

  9. Cek Kondisi Layar LCD

  10. Layar LCD tidak kalah penting dengan komponen lainya, jangan sampai ada cacat pada layar karena dipasaran harga layar LCD tidak lah murah bahkan cenderung mahal. Alangkah baiknya anda pastikan kondisinya baik terlebih dahulu sebelum membelinya, dan pastikan juga tidak terdapat dot pixel (titik pixel) pada layar LCD labtop tersebut.

    Cara termudah untuk mengetahui ada dot pixel nya atau tidak dengan cara merubah wallpaper windows dengan warna hitam polos kemudian perhatikan apakah ada warna lain selain hitam?, kemudian ganti lagi wallpaper dengan warna putih polos dan perhatikan apakah ada warna selain putih?. Jika terdapat warna lain biasanya berupa titik, maka layar LCD tersebut cacat (tidak bagus - jangan dibeli).

  11. Cek Harga Pasaran

  12. Jadilah pembeli yang cermat, kita harus lebih dulu ancer-ancer harga pasaran dari jenis labtop yang akan dibeli itu dipasaran berapa?, agar nantinya kita tidak merasa rugi. Biasanya harga labtop bekas akan turun di kisaran 30% sampai dengan 40% tergantung dari kondisi barang dan lamanya pemakaian, apabila menemukan harga yang terlalu tinggi dari harga pasaran lebih baik dipikir-pikir dulu aja. Ingat sesuaikan bugjet yang anda punya juga.

  13. Sabar, Jangan Mudah Percaya

  14. Sabar itu penting agar anda tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, biasanya penjual pada pinter buat iming-iming produk yang dijualnya biar barangnya cepat laku. Tapi taukah anda biasanya penjual akan menutup-nutupi barangnya jika ada kecacatan atau kekurangan karena jika kita sampai tau kecacatan dan kekurangannya mereka takut tidak laku. Jadi anda harus hati-hati jangan sampai mudah percaya begitu saja.

Dari tips membeli labtop second diatas wajib anda tau karena tips tersebut sudah mewakili kepercayaan diri untuk berangkat membeli labtop second. Biasakanlah sebelum membeli cari ulasan mengenai barang yang akan kita beli agar nantinya tidak ada rasa kecewa. Lain kali saya akan tambahin lagi jika ada tips yang lainnya, semoga ada manfaatnya dan jangan lupa untuk komentar jika ada yang kurang jelas.

0 Komentar untuk "7 Tips membeli labtop second agar tidak tertipu"