Apa itu Visual Basic Dotnet dan Fungsinya Apa itu Visual Basic Dotnet dan Fungsinya - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

Apa itu Visual Basic Dotnet dan Fungsinya

Apa itu Visual Basic .Net ?


Visual Basic .Net adalah bahasa pemrograman komputer yang berorientasi Object yang di implementasikan pada framework, walaupun visual basic dotnet merupakan pengembangan dari visual basic klasik atau vb6 tapi berbeda dari segi bahasa programnya. Apa yang di tulis di vb6 tidak kompatible dengan vb.net.
basic tutorial vb.net visual basic

VB.Net merupakan bahasa program komputer tingkat tinggi karena mendekati bahasa manusia, kemunculan bahasa VB.Net ini menjadi jawaban atas penyederhanaan bahasa pemrograman pada platform frameword dotnet yang diluncurkan pada tahun 2012 serta sebagai jembatan bahasa program visual basic.



Sejarah singkat Visual Basic


  • Bahasa Basic diciptakan oleh dua orang dari perguruan tinggi Dartmouth yaitu oleh professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz pada pertengahan tahun 1960.
  • Pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 dengan nama versi Visual Basic 1.0
  • Pada tahun berikutnya versi visual basic terus meningkat hingga pada tahun 1998 diluncurkan versi terbaru yaitu Visual Basic 6.0 yang sangat begitu populer.
  • Tahun 2000 microsoft mengeluarkan platform .net framework dan micosoft visual studio .net
Intinya adalah :
  1. Visual Basic klasik terdiri dari : ( Versi ) Vb 1.0 sampai dengan Vb 6.0
  2. Visual Basic .Net terdiri dari : ( Versi ) Vb 7.0 sampai dengan Vb 10


Apa Itu .Net Framework ?


Banyak orang mengenalnya dengan sebutan dotnet atau (.Net) yang berintegrasi dengan system windows, .Net framework adalah sebuah perangkat lunak (Software) yang paling diutamakan pada sistem operasi microsoft windows. .Net Framework merupakan area lingkup kerja yang dimudahkan untuk para pengembang dan eksekusi berbagai macam bahasa pemrograman termasuk sebuah library agar setiap bahasa pemrograman dapat berkerja sama dalam menjalankan aplikasi berbasis windows.

Di windows hanya memiliki satu bahasa yaitu assembly, jadi ketika anda mengembangkan sebuah aplikasi dengan bahasa .NET maka komputer tidak akan merespon, oleh sebab itu agar komputer dapat merespon bahasa program .Net dibutuhkan sebuah framework dotnet yang tugasnya menterjemahkan bahasa program .Net agar dapat berjalan di sistem operasi windows.

Secara default di windows7 .Net frameword sudah terinstal namun belum tentu software tersebut aktif dan dapat digunakan, tapi jika tidak aktif anda bisa mendownloadnya langsung di microsoft dan lakukan penginstallan.

Gambaran singkat mengenai alur program visual basic .net :

visual basic dotnet framework


Fungsi Visual Basic


Fungsi dari pada visual basic adalah untuk menciptakan atau membuat sebuah program komputer berbasis sistem windows mulai dari yang paling sederhana seperti membuat aplikasi perpustakaan, rental CD atau yang lebih komplek membuat aplikasi POS atau kasir.

Perbedaan VB6 dan VB.Net


Disini saya akan coba berikan perbedaan antara VB6 dan VB.Net agar nantinya anda bisa memilih, apakah tetap ingin menggunakan VB6 atau VB.Net. Oke Langsung aja lihat dibawah.



No VB6 VB.Net
1 Belum sepenuhnya mendukung OOP Full mendukung OOP
2 Hasil Kompilasi berupa file .exe biner (native code) File .exe Intermediate language (MSIL byte code)
3 Sering bermasalah pada .dll Tidak bermasalah
4 Pengetikan kode agak lambat Pengetikan kode lebih cepat
5 Akses database menggunakan ADO Akses database menggunakan ADO.NET
6 Tidak dapat berinteraksi dengan bahasa program yang lain Sangat bisa, kecuali program lain mendukung .Net
7 Ngedebug setelah RUN program Saat pengetikan sudah langsung di debug

Masih banyak perbedaan dari vb6 dan vb.net yang mana semuanya tidak dapat saya sebutkan semua, tapi isi perbedaan diatas sudah cukup mewakili perbedaan dari vb6 dan vb.net.

Kesimpulan

  1. Sebelum menggunakan bahasa program vb.net ada baiknya anda mempelajari dasar-dasar dari program visual basic .net agar bab selanjutnya anda mudah memahaminya.
  2. Pastikan dikomputer anda sudah terinstal .net framework minimal versi 2.0 untuk menjalankan program visual basic .net.
  3. Jika sudah ke tahap penyebaran program ke client, siapkan juga .net framework nya untuk di install di komputer client atau anda bisa juga membuat setup yang di dalamnya sudah termasuk .net framework (anda bisa gunakan innosetup).
  4. Selalu ingat bahwa VB.Net dan .Net framework ibarat ikan dan air yang artinya satu dengan yang lainnya berhubungan erat.
  5. Sering-seringlah berkunjung ke situs ini mana tau ada yang bermanfaat :-).

Penutup


Saya sebagai penggiat IT otodidak tidak henti-hentinya belajar dunia IT agar nantinya apa yang saya tau bisa saya share ke orang lain dan semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang pas di artikel ini dimohonkan maaf dan silahkan info ke saya melalui kotak komentar dibawah ini agar segera bisa saya perbaiki.
Tags

0 Komentar untuk "Apa itu Visual Basic Dotnet dan Fungsinya"

Subscribe