Pengertian Class dan Object Visual Basic .Net Pengertian Class dan Object Visual Basic .Net - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

Pengertian Class dan Object Visual Basic .Net

Pengertian Class dan Object Visual Basic .Net - Pemahaman tentang class (kelas) dan object (objek) sangat penting dalam mempelajari pemrograman visual basic .net. Oleh sebab itu, beberapa tutorial kedepan masih akan membahas tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan kelas dan objek.

Baca Juga : Cara Memahami Array di Visual Basic .Net

Dalam pemrograman berorientasi objek, kita dapat merumuskan suatu permasalahan pemrograman tertentu ke dalam sebuah model abstrak, yang disebut juga kelas. Kelas yang telah didefinisikan tersebut selanjutnya dapat diinstansiasi menjadi objek-objek aktual untuk memenuhi kebutuhan program. Secara Teknis, kelas dapat didefinisikan sebagai kumpulan data dan prosedur / fungsi (disebut metode) yang menggambarkan suatu objek tertentu.



Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek


Pemrograman berorientasi objek, atau istilah asingnya disebut Object Oriented Programming (OOP) bukan merupakan bahasa pemrograman. OOP tidak lebih dari suatu paradigma suatu permasalahan sebagai objek (disebut object-oriented). Dalam metode pemrograman yang sempat populer sebelumnya, pemrograman prosedural, kita berfikir langkah atau proses (disebut proses-oriented).

Dalam pemrograman berorientasi objek, kita harus memikirkan objek apa saja yang harus saya buat?. Dengan pemikiran yang sederhana kita pasti menuju pada sebuah objek segitiga dan lingkaran, dimana saya dapat memiliki objek segitiga dan lingkaran di dalam program yang akan saya buat. saya perlu memodelkan objek segitiga dan lingkaran tersebut ke dalam tipe data bentukan terlebih dahulu. Tipe data bentukan seperti inilah yang dinamakan kelas.

Pengertian Class dan Object Visual Basic .Net

Saat bekerja dalam pemrograman berorientasi objek kita harus memahami beberapa konsep dasar diantaranya yaitu :
  1. Pembungkusan (Encapsulation)
  2. Minimal untuk memahami konsep ini anda harus mengetahui suatu objek terdiri atas data dan prilaku (kemampuan). Contoh :
    Kita ambil contoh Manusia:
    - Manusia akan memiliki data seperti nama, jenis kelamin, berat badan, dan lain-lain.
    - Manusia memiliki kemampuan seperti berjalan, berpikir, bicara dan lain sebagainya.
    Contoh objek manusia adalah : kita, saya, anda dan saudara anda. Mereka semua adalah objek dari kelas manusia. Dengan demikian, kelas manusia adalah model atau kerangka (cetak biru) yang menggambarkan semua data dan kemampuan yang kita miliki.

    Konsep pembungkusan di dalam pemrograman berorientasi objek adalah proses membungkus data dan kemampuan dari suatu objek ke dalam suatu model atau entitas tunggal yang disebut kelas. Oleh sebab itu, pas kita mendefinisikan suatu kelas tertentu di dalam program, kita sebenarnya sedang melakukan pembungkusan.

    Proses pembungkusan terdapat tingkat akses yang perlu kita pahami, yaitu :

    -  Private. Akses ini digunakan untuk menjadikan anggota kelas (data / metode) yang ada di dalam kelas tidak dapat diakses oleh kelas lain.
    - Protected. Akses ini digunakan untuk menjadikan anggota kelas yang ada di dalam kelas hanya boleh diakses oleh kelas itu sendiri atau kelas-kelas lain yang merupakan kelas turunan dari kelas bersangkutan.
    - Public. Akses ini digunakan untuk menjadikan anggota kelas yang ada didalam kelas, bebas diakses oleh kelas lain meskipun bukan kelas turunan dari kelas yang dimaksud.

  3. Pewarisan (Inheritance)
  4. Pewarisan adalah proses pembuatan kelas baru yang diturunkan dari kelas yang sudah ada. Hasil yang diperoleh dari proses ini adalah kelas baru akan mewarisi sifat yang dimiliki oleh kelas induknya.

  5. Polimorfisme
  6. Polimorfisme dapat diartikan sebagai banyak bentuk atau banyak rupa. Polimorfisme mengizinkan kita untuk membuat satu metode (fungsi dan prosedur) yang dapat memberikan hasil yang berbeda. Satu cara, tapi dapat memberikan banyak hasil.

Mendefinisikan Kelas (Class)

Dalam visual basic .net suatu kelas didefinisikan menggunakan kata kunci Class diikuti oleh nama kelas dan badan kelas. Diakhiri dengan END Class. Coba lihat kode dibawah ini yang mendemonstrasikan penggunaan Class :

Module Module1
    Class Kotak
        Public Panjang As Double   ' Panjang dari kotak
        Public Luas As Double   ' Luas dari kotak
        Public Tinggi As Double    ' Tinggi dari kotak
    End Class
    Sub Main()
        Dim Kotak1 As Kotak = New Kotak()        ' Ini letak pembuatan objek
        Dim Kotak2 As Kotak = New Kotak()        ' Ini letak pembuatan objek
        Dim volume As Double = 0.0
        ' Spesifikasi kotak1
        Kotak1.Tinggi = 2.0
        Kotak1.Panjang = 3.0
        Kotak1.Luas = 4.0
        ' Spesifikasi kotak2
        Kotak2.Tinggi = 7.0
        Kotak2.Panjang = 8.0
        Kotak2.Luas = 9.0
        'volume dari kotak 1
        volume = Kotak1.Tinggi * Kotak1.Panjang * Kotak1.Luas
        Console.WriteLine("Volume dari Kotak1 : {0}", volume)
        'volume dari kotak 2
        volume = Kotak2.Tinggi * Kotak2.Panjang * Kotak2.Luas
        Console.WriteLine("Volume dari Kotak2 : {0}", volume)
        Console.ReadKey()
    End Sub
End Module


Hasil dari program diatas

Volume dari Kotak1 : 24
Volume dari Kotak2 : 504


Anggota Kelas yang Berupa Fungsi / Prosedur


Fungsi / Prosedur adalah anggota kelas yang berisi kumpulan statemen untuk memanipulasi data dari kelas bersangkutan. Dalam visual basic .net, fungsi / prosedur dapat berupa: metode, properti, event, operator, konstruktor, dan destruktor. Dibawah ini adalah penjelasan masing-masing fungsi / prosedur tersebut :
  • Metode adalah fungsi/prosedur yang didefinisikan di dalam kelas. Berbeda dengan C++. Visual Basic .Net tidak mengizinkan suatu fungsi didefinisikan diluar kelas, struktur, moupun modul.

  • Properti adalah fungsi/prosedur yang dapat diakses dari luar kelas seperti field yang bersifat publik. Visual Basic .Net menyediakan properti untuk membaca dan menulis nilai dari/ke dalam suatu field. Melalui cara ini anda tidak perlu mengakses field secara langsung atau mendefinisikan fungsi Get() dan Set() dia dalam kelas, seperti yang anda lakukan di dalam C++ maupun Java.

  • Event adalah prosedur yang berguna untuk menyampaikan jenis kejadian yang dapat menimpa objek. Sebagai contoh : kelas System.window.Form.Button memiliki event Click yang berguna untuk memberi notifikasi ke program bahwa objek dari kelas Button (misal: Button1) telah di-klik.

  • Indexer adalah fungsi yang mengizinkan objek dapat diindeks seperti layaknya array maupun koleksi. Dalam Visual Basic .Net, indexer diimplementasikan dengan cara mendefinisikan properti default.

  • Operator adalah fingsi yang digunakan untuk melakukan overload terhadap suatu operator sehingga operator tersebut dapat diterapkan ke dalam objek.


  • Konstruktor adalah metode khusus yang akan dipanggil secara otomatis pada saat objek dibuat. Dalam Visual Basic .Net, konstruktor dibuat dengan mendefinisikan metode New(). Konstruktor tidak memiliki nilai kembalian dan pada umumnya digunakan untuk melakukan proses inisialisasi nilai.

  • Bentuk umum pembuatan konstruktor di VB.Net sebagai berikut :

    Class NamaKelas
        'mendefinisikan konstruktor
    Public Sub New(daftar-parameter)
        'badan konstruktor
    End Sub
    ENd Class


  • Destruktor  (disebut juga finalizer) adalah metode khusus yang akan dipanggil secara otomatis pada saat CLR mendeteksi adanya objek yang sudah tidak digunakan lagi. Sebuah destructor memiliki nama Finalize dan tidak dapat mengembalikan nilai dan juga tidak dapat mengambil parameter apapun. Destructor bisa sangat berguna untuk melepaskan sumber daya sebelum keluar dari program seperti menutup file, melepaskan memori, dll.

  • Contoh dibawah ini akan menjelaskan konsep Destruktor :
    
    Module Module1
        Class Garis
            Private Panjang As Double    ' Panjang dari Garis
            Public Sub New()   'parameter constructor
                Console.WriteLine("Objek telah dibuat")
            End Sub
            Protected Overrides Sub Finalize()  ' parameter destructor
                Console.WriteLine("Objek telah dihapus")
            End Sub
            Public Sub setLength(ByVal len As Double)
                Panjang = len
            End Sub
            Public Function getLength() As Double
                Return Panjang
            End Function
            
        End Class
    
        Sub Main()
            Dim Garis As Garis = New Garis()
            'Ini untuk menentukan panjang dari garis
            Garis.setLength(8.0)
            Console.WriteLine("Panjang dari Garis = {0}", Garis.getLength())
            Console.ReadKey()
        End Sub
    End Module
    
    

    
    Hasilnya akan seperti ini : 
    
    Objek telah dibuat
    Panjang dari Garis = 8
    
    
Tags

0 Komentar untuk "Pengertian Class dan Object Visual Basic .Net"

Subscribe