Cara Pasang Unit Iklan InFeed Adsense Di Halaman Depan Blog Cara Pasang Unit Iklan InFeed Adsense Di Halaman Depan Blog - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
logo

Cara Pasang Unit Iklan InFeed Adsense Di Halaman Depan Blog

Cara Pasang Unit Iklan InFeed Adsense Di Halaman Depan Blog - Unit iklan baru terdengar sudah tidak asing lagi oleh para publisher adsense, karena memang sumber pendapatan para publisher adsense dari unit-unit iklan yang disediakan oleh google adsense baik itu dari blog maupun youtube. Namun baru-baru ini google adsense telah memperbaharui format unit iklan yaitu:
  1.  Text & display ads
  2.  Native
  3. - In-Feed ads
    - In-Article ads


Penjelasan Format Iklan Baru Google Adsense

Sebelum kita memasang format iklan baru ini alangkah baiknya memahami kenapa google adsense merubah format baru iklannya.

#Text & display ads

Jenis iklan text dan display ads sudah sering kita gunakan dan anda pasti sudah paham betul untuk format iklan ini. Format iklan ini akan bekerja dengan baik bila disematkan atau ditaruh di dalam konteks text atau di bagian akhir postingan serta iklan jenis ini tentu saja dapat meningkatkan penghasilan anda.

#Native
Native jika di artikan kedalam bahasa indonesia artinya asli, namun bila dikaitkan dengan advertising maka perngertian native advertising adalah periklanan asli yaitu jenis iklan yang sesuai dengan bentuk dan platform tempat iklan tersebut dimunculkan atau ditanyangkan.

Dalam berbagai kasus, jenis iklan ini bermanisfestasi sebagai artikel dan video yang diproduksi oleh si pengiklan itu sendiri dengan maksud khusus untuk mempromosikan produknya sekaligus mencocokkan bentuk dan gayanya seperti platform yang ditujunya.

Alih-alih teknik pemasaran ingin menggabungkan antara konten dan produk maka status hukum dari jenis iklan tersebut tidak pasti menurut hukum international. Lagi pula jenis iklan seperti ini sebenarnya menabrak aturan google adsense sendiri, dimana dulu kita tidak boleh memasang iklan yang samar-samar alias tidak ada perbedaan antara konten dan iklan. Tapi berhubung google yang punya kuasa ya sudah, kita ikuti saja bisnis proses google. Lagi pula kita banyak diuntungkan oleh google, baik itu pengiklan maupun publisher.

Iklan native ini dibagi dalam dua kelompok yaitu :

  1. In-Feed ads

  2. Feed artinya deretan atau list data konten yang dapat di scroll, deretan konten tersebut biasanya ada dibagian depan halaman page anda atau di bagian home. Feed disini bukan merupakan distribusi dari web seperti RSS. Jadi In-Feed ads adalah jenis iklan format baru yang cocok anda tempatkan di bagian konten feed anda. Biasanya, format iklan In-Feed ads diletakkan di dalam feed, atau pada awal, atapun di akhir Feed.

    Berikut ini contoh tampilan format iklan In-Feed ads:
    Contoh Iklan In Feed ads di home page berguruit.com

    Penjelasan gambar:
    - Yang ditandai kotak merah adalah konten feed
    - Yang tanda panah biru adalah iklan format In-Feed ads

  3. In-Article ads

  4. Iklan In Article ads adalah format iklan baru yang dikeluarkan google adsense  untuk mengoptimalkan iklan berkualitas tinggi agar terlihat bagus dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi viewers anda. In Article ads bisa anda tempatkan di paragraf artikel anda, menurut saran dari google, penempatan terbaik dimulai setelah paragraf ke dua dan jumlahnya terserah anda namun rasio antara iklan dan konten harus sesuai dan jangan sampai mengganggu pengguna anda.

    Perbedaan iklan In-Article ads dan iklan standar
    Berikut ini perbedaan iklan in article ads dengan iklan iklan standar adalah sebagai berikut:

    No In-Article ads Iklan Standar
     1 Dibuat sesempurna mungkin untuk pengalaman pembaca agar sesuai dengan alur konten  Iklan ini muncul tidak mengikuti alur cerita konten hanya berdasarkan judul situs ataupun judul artikel
     2  Tata letak diatur otomatis sedemikian rupa agar terlihat bagus didalam konten serta iklan ini menyesuaikan dengan alur cerita konten.  Kita harus menyesuaikan sendiri tata letak iklan dan ukuran iklan agar terlihat bagus di konten, tidak mengikuti alur cerita dari konten.
     3  Menggunakan elemen iklan berkualitas tinggi dari si pengiklan  -
     4  Terdapat tombol kalimat ajakan  Tidak ada

    Contoh Format iklan In-Article ads
    Berikut ini contoh format iklan in article ads yang sudah saya pasang di konten artikel saya:

    Contoh penempatan iklan In Article ads

    Kalau diperhatikan gambar diatas ini, iklan terlihat menyesuaikan tata letak serta materi iklan tidak keluar dari konteks materi artikel yang ada.

Cara memasang Unit Iklan In-feed ads Adsense di Halaman depan blog (Home page)

Mari kita coba memasang unit iklan infeed ads di bagian halaman depan blog atau home page situs anda, penempatan terbaik dalam memasang unit iklan infeed ads adalah pada bagian tengah dan pada bagian akhir dari feed anda.

Untuk memulai memasang unit iklan infeed ads di halaman depan blog, silahkan anda masuk ke blogger dan pilih tema lalu pilih edit html.

Cara Pasang Infeed ads di bagian Tengah Feed

Berikut ini langkah-langkah memasang iklan InFeed Ads di bagian tengan feed :
1)  Cari kode, gunakan "Ctrl + F" lalu ketik ini <b:loop values='data:posts' var='post'> jika sudah ketemu tambahkan kode ini "index=x" ke dalam <b:loop values='data:posts' var='post'> sehingga menjadi <b:loop values='data:posts' var='post' index='x'>.

Ingat kode <b:loop values='data:posts' var='post'> pada blog anda akan ada banyak, jadi temukanlah <b:loop values='data:posts' var='post'> yang ada di "MainContentofPage" atau sebelum kode <b:loop values='data:posts' var='post'> ada kode "<data:defaultAdStart/>" bukan yang ada di widget popular post, label atau yang lainnya.

2)  Cari kode <div class='post-outer'> lalu lihat kode dibawah ini dan letakkan tepat setelah kode <div class='post-outer'>:

<b:if cond='data:blog.pageType != "static_page" and data:blog.pageType != "item"'>
<b:if cond='data:x==3'>
<div class="post">

"Masukkan kode iklan In-Feed ads anda disini"

</div>
</b:if>
</b:if>

Keterangan :
- Kode diatas yang berwarna merah adalah tempat anda menaruh kode iklan infeed ads anda.
- Jangan lupa Parse terlebih dahulu kode iklan InFeed ads anda.
- Kode diatas yang saya blok kuning itu untuk menyatakan "Jika kondisi data feed post index x = 3" maka tampilkan kode iklan dibawahnya.
- Angka 3 artinya bahwa, post feed yang ketiga setelah itu kode infeed ads "jadi infeed ads ada di urutan yang ke 4 dari feed post anda"
- Angka 3 bisa anda rubah ke 2, ke 4, atau ke urutan yang lainnya.

Cara Pasang InFeed ads di bagian terakhir Feed

Berikut ini langkah demi langkah cara memasang iklan inFeed ads di bagian terakhir Feed:
1)  Cari kode, gunakan "Ctrl + F" lalu ketik ini <b:if cond='data:numPosts != 0'> .
2)  Jika sudah ketemu, copy kode dibawah ini tepat setelah kode <b:if cond='data:numPosts != 0'> &lt;/div&gt;&lt;/div&gt; </b:if> <data:adEnd/>

<b:if cond='data:blog.pageType != "static_page" and data:blog.pageType != "item"'>
<div class='post'>

"Masukkan kode iklan In-Feed ads anda disini"

</div>
</b:if>

Keterangan :
- Kode yang berwarna merah adalah tempat anda menaruh kode iklan infeed ads anda.
- Kode iklan Infeed ads anda jangan lupa di Parse terlebih dahulu yah.

Cara Memasang Kode Iklan In-Article ads di dalam artikel anda.

Cara memasang kode iklan In-Article ads terbilang cukup mudah, anda tinggal copy paste kan kode iklan in article ads anda kedalam artikel anda. Menurut saran dari google, tempat terbaik dalam memasang kode iklan In-Article ads adalah pada bagian paragraf ke dua.

Cara pasang di artikel :

  • Edit post anda, lalu pilih HTML
  • Tempatkan iklan dimana saja sesuai selera anda.
  • Kode iklan In-Article ads tidak usah di parse.

Kesimpulan

  1. Iklan In-Feed ads dapat tempatkan sebanyak apapun sesuai dengan keinginan anda, dengan catatan konten harus lebih banyak dari iklan. Ya kira-kira saja, masa buka situs isinya iklan semua. Awas nanti di banned google.
  2. Feed bukan RSS Feed
  3. Iklan In-Feed bersifat responsif, jadi dia akan mengatur sendiri tata letak dan ukurannya.
  4. Sebaiknya iklan Infeed ads selang 3 blok dari feed anda, jika anda ingin banyak-banyak taruhnya.
  5. Ada 1 pembatasan ukuran: lebar iklan In-feed setidaknya harus 250 piksel.
  6. Cara-cara diatas tidak berlaku pada Wordpress, hanya berlaku pada blog saja.
Saran
  1. Buruan pasang iklan native tersebut, sebelum ketinggalan sama master di IAPAD
Baca juga :
Penutup

Terima kasih atas kunjungannya, apapun yang sampaikan diatas terlebih dahulu saya praktekkan sendiri di situs saya dan sudah terpasang dengan baik, anda bisa cek ke home page situs ini. Ingat selalu bahwa panduan cara pasang diatas bukan untuk mengarahkan anda untuk mengikutinya 100% karena panduan tersebut mengikuti kemauan saya sendiri.

Maksudnya: Tata letak dan jumlah iklan itu yang menentukan anda sendiri supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber : -https://support.google.com/adsense

Tags

0 Komentar untuk "Cara Pasang Unit Iklan InFeed Adsense Di Halaman Depan Blog"

Subscribe

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×