Apa Perbedaan HDD dan SSD Apa Perbedaan HDD dan SSD - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
logo

Apa Perbedaan HDD dan SSD

Apa perbedaan HDD dan SSD - Seperti kita tau bahwa komputer memiliki beberapa komponen penting yang salah satunya adalah HDD atau disebut juga harddisk, harddisk atau ssd merupakan media penyimpanan yang ada di dalam komputer desktop maupun di laptop. Harddisk dan SSD merupakan bagian penting dari sebuah komputer sehingga keberadaannya tidak bisa tidak ada.



Seiring perkembangan jaman, harddisk telah banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan mulai dari komponen dasar, bentuk / ukuran, dan kapasitas. Selain bahan material dari harddisk mulai berubah yaitu yang sebelumnya menggunakan piringan lapisan magnetik didalamnya, dikembangkan atau dirubah menggunakan flash memori atau sekarang disebut SSD (Solid State Drive).

Flash memori yang digunakan SSD tidak sama dengan flash memori yang ada di USB Drive atau Flashdisk, walupun kapasitas sama tapi dari segi kecepatan baca dan tulis jauh berbeda berbeda. Asal tau saja kecepatan pada saat baca dan tulis SSD itu dikisaran 450 mb/s atau bahkan lebih, sedangkan flashdisk memiliki kecepatan baca tulis di kisaran 10 s/d 28 mb/s.

Yang menjadi persamaan dari flashdisk dan ssd adalah susunan dari ic yang terlihat sama namun dari segi schematik berbeda, dan juga ssd bisa dibilang adalah versi canggih dari flashdisk. Sedangkan versi canggih dari dari HDD adalah SSHD.

Singkatan dan Pengertian HDD, SSHD dan SSD

Sebelum kita bahas perbedaan antara HDD dan SSD ada baiknya kita mengetahui singkatan dan pengertian dari HDD, SSDH dan SSD. Untuk HDD adalah singkatan dari "Hard Disk Drive" lalu SSHD adalah singkatan dari "Solid State Hybrid Drive" dan yang terakhir SSD adalah singkatan dari "Solid State Drive". Untuk pengertian dan fungsi dari harddisk tersebut adalah :

1. HDD (Hard Disk Drive)

Merupakan media penyimpanan pada komputer yang mana bentuk dan ukuran tidak mengalami perubahan sejak puluhan tahun. HDD berbasis platter (piringan) yang berputar serta berfungsi untuk menyimpan data. Karena HDD menggunakan piringan sebagai media penyimpanan, maka penggunaannya cukup beresiko yang apabila terjadi guncangan atau benturan HDD akan mengalami kerusakan.

2. SSHD (Solid State Hybrid Drive)

Merupakan perangkat media penyimpanan hybrid yang menyatukan fungsi HDD dan SSD didalam satu perangkat penyimpanan data. Intinnya SSHD berbahan dasar platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memori supaya transfer data menjadi lebih efisien. Kalau saya bilang, SSHD merupakan solusi yang tepat buat anda yang apabila tidak sanggup membeli SSD.

3. SSD (Solid State Drive)

SSD merupakan media penyimpanan generasi baru, karena berbasis teknologi flash memori untuk sebuah penyimpanan data. SSD tidak menggunakan komponen gerak seperti (platter), sehingga penggunaannya tidak ber-resiko seperti HDD. Umumnya SSD digunakan pada perangkat laptop kelas High-End.

Sesuai dengan judul diatas, berikut ini adalah perbedaan HDD dan SSD

Apa perbedaan HDD dan SSD, Hard disk drive dan Solid State Drive, Pengertian HDD dan SSD
Kategori
HDD
SSD
Ukuran dan Berat Umumnya harddisk memiliki ukuran cukup besar, bila dibandingkan dengan SSD, tapi harddisk memiliki 2 jenis ukuran yaitu :
  • Ukuran 3.5in Untuk ukuran ini biasa digunakan pada komputer desktop
  • Ukuran 2.5in biasa digunakan untuk laptop ataupun harddisk eksternal
Kenapa harddisk berat? karena bahan materialnya itu yang terbilang cukup memberatkan, seperti kita tau harddisk terdiri dari platter, head dan disk. Belom lagi komponen elektronya.
Ukuran dari SSD umumnya 2.5in, tapi ada juga SSD yang lebih kecil dari 2.5in. Ukuran yang lebih kecil tersebut hanya digunakan pada laptop MAC, sedangkan yang ukuran 2.5in lebih banyak digunakan pada laptop kelas high-end. Kalau berat dari SSD terbilang cukup ringan, karena bahan materialnya mirip dengan flashdisk. Jika dibandingkan dengan berat harddisk 2.5, SSD sangat jauh lebih ringan. SSD merupakan sebuah opsi media penyimpanan yang memiliki ukuran paling tipis.
Kecepatan Untuk kecepatan harddisk pada saat baca dan tulis dikisaran 50 s/d 60 mb/s SSD memiliki kecepatan baca dan tulis di kisaran 450 mb/s. Ini artinya kecepatan SSD  8 kali lebih cepat daripada HDD
Komponen Menggunakan platter (piringan), motor, lengan yang terhubung ke platter serta komponen elektro. Tidak menggunakan platter, melainkan menggunakan chip / flash memori sebagai mendia penyimpanan
Cara Kerja Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah( baca dan tulis) data, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data. SSD tidak melalui proses mekanik karena memang tidak terdapat komponen mekanik, melainkan hanya terdapat komponen elektrik seperti IC (Intergrated Circuit). Hal ini sama halnya dengan proses baca dan tulis pada flashdisk atau memori Ram.
Pengolahan Data Pada HDD proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Fragmentasi yang artinya apabila kapasitas HDD sudah mulai penuh, maka file-file yang telah tersimpan akan berpencaran. Biasanya proses ini akan menurunkan kinerja komputer menjadi lebih lambat. Nah untuk memperbaiki atau memulihkan file yang telah terfragmantasi biasanya melakukan defrag. Proses pengolahan data pada SSD tidak sama dengan HDD karena data yang tersimpan terletak pada chips flash.
Efek yang ditimbulkan HDD memiliki komponen mekanik, sehingga memiliki resiko yang buruk, diantaranya :
  • Panas berlebihan
  • Mengkonsumsi daya listrik yang cukup tinggi
  • Menimbulkan suara noise pada komponen mekaniknya
SSD tidak memiliki komponen mekanik, sehingga efek yang ditimbulkan yaitu :
  • Panas atau suhu SSD tidak sama dengan HDD
  • Tidak mengkonsumsi daya listrik yang tinggi karena hanya memerlukan daya sebesar 1watt, sedangkan HDD memerlukan daya 10watt
  • Tidak menimbulkan suara noise karena memang tidak ada komponen mekanik
Harga HDD masih relatif murah bila dibandingkan dengan harga SSD, contohnya harddisk 500Gb masih di kisaran Rp 600.000  Contoh : merek Samsung SSD 850 PRO 2.5 Inch SATA III 512GB dikisaran harga Rp 4.000.00,-


Dari penjelasan perbedaan diatas, dapat disimpulkan bahwa SSD memiliki kelebihan yang cukup jauh bila dibandingkan dengan HDD, tapi bagi anda yang tidak cukup uang untuk memiliki atau membeli SSD, anda bisa membeli SSHD sebagai alternatif lain. SSHD sudah banyak beredar dipasaran sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya.

SSD umumnya digunakan pada laptop, bukan untuk komputer dekstop, dan juga SSD biasanya untuk laptop kelas High-End.

Saya kira cukup sampai disini pembahasan apa perbedaan hdd dan ssd, terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "Apa Perbedaan HDD dan SSD"

Subscribe

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×