12 Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet 12 Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
logo

12 Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet

Cara merawat baterai laptop biar awet dan tidak cepat ngedrop, komputer atau laptop merupakan perangkat elektronik yang wajib dimiliki untuk menunjang segala aktifitas kita sehari-hari, apalagi jaman sekarang pasti sangat dibutuhkan, baik itu untuk percepatan ataupun untuk mempermudah akses informasi.



Didalam komponen hardware laptop terdapat beberapa komponen, sebut saja salah satunya yaitu baterai. Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam laptop sehingga kita wajib merawatnya agar kebutuhan mobilitas laptop dapat ditunjang dengan baik.

Baca Juga : Apa perbedaan hdd dan ssd

Jenis baterai umumnya ada 3 jenis yaitu :
  • Baterai Nickel Cadmium (Ni-Cd)
  • Jenis baterai ini merupakan jenis baterai recharge yang paling tua dan memiliki kapasitas yang paling besar, namun baterai jenis ini memiliki kekurangan yaitu ukurannya yang besar dan terlalu berat. Selain itu jenis baterai ini tidak bisa seenaknya di cash, karena harus menunggu benar-benar habis baru bisa di cash lagi.
  • Baterai Nickel Metal Hybride (Ni-Mh)
  • Jenis baterai ini bila dibandingkan dengan jenis Ni-Cd lebih ringan dan kecil. Selain itu jenis baterai ini merupakan jenis baterai yang ramah lingkungan, tapi anda tidak bisa sembarangan buang yah karena butuh proses tertentu untuk mendaur ulang baterai ini. Untuk Pengisian daya baterai tidak berbeda dengan jenis baterai Ni-Cd yaitu tunggu benar-benar kosong barulah di cash. Kelemahan dari jenis ini adalah jika beroperasi pada temperatur sangat rendah atau sangat tinggi biasanya akan menimbulkan permasalahan.
  • Baterai Lithium-Ion (Li-Ion)
  • Baterai ini terbuat dari bahan Lithium Cobalt Oxide atau Lithium Iron Phosphate, jenis baterai ini sudah menjadi stadar baru baterai pada laptop. Tidak hanya pada laptop baterai ini digunakan, tapi pada gadget lain seperti handphone dan kamera sudah mulai menggunakannya. Baterai ini tidak seperti jenis baterai Ni-Cd dan Ni-Mh karena tidak perlu ditunggu kosong untuk mengecash-nya lagi.

Itulah jenis baterai yang ada saat ini, untuk cara merawat baterai laptop silahkan lihat tips dibawah ini.

Baterai laptop dalam kondisi full 100% biasanya dapat digunakan selama 4 s/d 6 jam dan itu tergantung pemakaiannya. Tapi kalau kondisi full 100% dan digunakan selama 1 jam sudah habis, itu tandanya baterai sudah mulai ngedrop atau rusak.

Mengenai ketahanan baterai itu tidak dapat dipastikan sampai berapa tahun pemakaiannya tapi yang pasti baterai memiliki masa pakai (sekitar 2 hingga 4 tahun) alias bisa kadarluasa, semakin sering baterai digunakan maka akan mengurangi umur baterai.
Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet, Tips Merawat Baterai Laptop
Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet
Bagaimana caranya biar baterai tidak cepat rusak ?

Berikut ini cara merawat baterai laptop yang baik dan benar.

1. Jangan biarkan daya baterai hingga 0%

Biasanya orang suka memaksakan laptop bekerja sampai titik darah penghabisan alias sampai benar-benar habis daya baterainya, ingatlah kebiasaan ini sangat buruk untuk kesehatan baterai karena baterai yang kosong bisa meningkatkan wear level (tingkat kehausan) pada baterai.

Selain umur baterai akan berkurang, komponen laptop yang sedang sibuk bekerja akan shok karena mati secara tiba-tiba. Hal ini tidak hanya merusak baterai tapi juga akan merusak laptop anda.

Tips : Jika sudah ada tanda peringatan dari system komputer bahwa daya baterai akan habis, segeralah lakukan pengecasan atau dishutdown aja laptopnya kalau tidak bawa charger.

2. Segera cabut charger ketika daya sudah mencapai 100% (full)

Membiarkan charger terpasang terus pada laptop padahal pengisian daya baterai sudah mencapai 100% akan berdampak buruk pada umur baterai, ibaratnya sudah kenyang tapi dipaksa makan terus lama-lama begah juga.

Hal ini memang sepele, hanya mencabut charger terkadang kita lupa atau malas. Sebaiknya biasakanlah cabut baterai jika sudah full charging agar baterai maupun laptop terjaga ketahanannya.

3. Charger laptop dalam keadaan mati

Kebiasaan charger laptop dalam keadaan mati memang tidak biasa dilakukan, kebanyakan charging hanya pada saat digunakan. Tapi charger laptop dalam keadaan mati merupakan salah satu cara terbaik merawat baterai.

4. Tidak menggunakan laptop secara berlebihan

Laptop didesain untuk menunjang mobilisasi pengguna agar segala sesuatu menjadi lebih mudah, laptop tidak didesain untuk kebutuhan gamming ataupun desain grafis dengan jangka waktu yang lama.

Penggunaan laptop yang berlebihan seperti bermain game dan grafis  dalam jangka waktu lama akan memakan resource besar pada laptop sehingga mengkonsumsi daya baterai semakin tinggi. Biasanya kalau sudah begitu baterai akan cepat panas, efek yang ditimbulkan dalam jangka panjang adalah berkurangnya kapasitas penyimpanan daya baterai.

Tips : Kalau mau main game atau desain grafis di laptop sebaiknya gunakan cooller fan dan cabut baterai serta gunakan UPS (UPS atau Uninterruptible Power Suplay adalah sebuah alat untuk menyimpan daya listrik sehingga apabila listrik mati secara tiba-tiba maka perangkat yang terpasang paa ups akan tetap hidup namun hanya untuk beberapa menit saja).

5. Gunakan charger original

Penggunaan charger original tidak lain adalah untuk menghindari kebocoran daya baterai, hal ini sejalan dengan desain kebutuhan tegangan listrik yang dibutuhkan baterai itu sendiri. Biasanya charger yang tidak original akan mempercepat daya tahan baterai cepat menurun.

6. Gunakan stabilizer

Terkadang tegangan arus listrik di sekitaran rumah suka naik turun, nah untuk menghindari tegangan arus listrik yang tidak stabil sebaiknya gunakan stabilizer agar arus listrik yang masuk pada daya baterai tetap stabil dan membawa dampak positif pada kinerja baterai.

7. Hindari colokan listrik yang bercabang

Kalau pohon bercabang pasti terlihat bagus, tapi sebaliknya untuk colokan listrik yang bercabang tidak bagus untuk kestabilan tegangan listrik laptop, bahkan sering menimbulkan konsleting listrik.

8. Cabut baterai jika ada sumber tegangan listrik di sekitar kita

Gunakanlah sumber daya listrik disekitar kita sebagai sumber catu daya laptop untuk menghemat pemakaian baterai dengan catatan daya baterai dalam kondisi full charge, hal ini akan memperpanjang umur baterai.

Catatan : Jangan cabut baterai saat komputer dalam keadaan hidup dan tercolok listrik, ini dapat berdampak buruk pada daya tahan baterai.

9. Perhatikan sirkulasi udara pada laptop

Bersihkanlah lubang pembuangan udara dan fan pada laptop yang tertutup debu kotoran secara berkala karena sirkulasi udara yang baik akan membantu menurunkan suhu panas pada prosesor. Jika suhu panas sudah tidak terkendali akan memaksa pemakaian baterai menjadi lebih banyak sehingga daya tahan baterai akan berkurang.

Tips :
  • Jangan menggunakan laptop di kasur atau bantal karena akan menutupi sirkulasi udara pada laptop.
  • Bersihkan lubang sirkulasi dengan kompresor angin secara berkala, misalnya setahun 3 kali.

10. Atur tingkat kecarahan layar pada laptop

Settinglah layar tidak terlalu terang, karena jika terlalu terang akan mempercepat daya baterai habis atau diistilahkan boros baterai.

11. Jangan biarkan wifi terus menyala

Jika anda sedang tidak dalam kondisi online atau browsing, sebaiknya matikan wifi nya untuk menghemat pemakain baterai agar tidak cepat habis.

12. Cek rutin wear level dengan bantuan software

Untuk membantu pengecekan wear level baterai kita bisa memanfaatkan software dibawah ini :
  • Everest
  • HWMonitor
usahakan wear level baterai dalam keadaan full charge = 0%, biasanya wear level akan terus meningkat seiring tidak dilakukannya lepas charger ketika baterai sudah full charge atau bisa juga pemakain laptop yang berlebihan.

Untuk pembahasan cara merawat baterai laptop biar awet saya kira sudah cukup sampai disini, apabila laptop anda bermerek acer, hp, lenovo, asus atau yang lainnya tips diatas juga berlaku untuk semua merek laptop karena memang sudah umumnya begitu.

Silahkan dibagikan apabila informasi ini bermanfaat untuk anda dan teman-teman anda, semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "12 Cara Merawat Baterai Laptop Biar Awet"

Subscribe

Adblock Detected

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×