Cara Mengurus KTP Hilang Rusak Terupdate Cara Mengurus KTP Hilang Rusak Terupdate - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

Cara Mengurus KTP Hilang Rusak Terupdate

Cara mengurus ktp yang hilang rusak terupdate | saya menulis artikel ini dikarenakan saya ada pengalaman tidak menyenangkan karena KTP saya hilang. Seperti yang kita tau bahwasannya blangko eKTP sedang langka lantaran proyek eKTP sedang ada masalah. Untuk yang baru rekam data ktp saja masih pada menunggu lama, nah ini saya pake segala hilang.

Dalam hati saya, apa mungkin eKTP saya yang hilang bisa diganti lagi dengan cara lapor ke pihak kelurahan?.

Daripada saya bingung mending saya coba saja mengajukan permohonan penggantian eKTP yang baru. Dan ternyata memang boleh mengajukan penggantian eKTP yang hilang atau rusak.



Fakta mengejutkan yang saya alami adalah, proses pengajuan tidak terlalu lama hanya 1 jam saja urusan saya beres (bisa lebih cepat jika kita persiapkan keperluannya dengan lengkap. Dan juga petugas kelurahan dan kantor kecamatan bekerja dengan baik.

Intinya mengurus keperluan kita di kelurahan maupun kecamatan sudah good service.
Ngomong-ngomong persyaratan mengajukan permohonan penggantian eKTP apa saja sih?.

Inilah Persyaratan Pembuatan Pengganti eKTP Hilang Atau Rusak


Cara Mengurus KTP Hilang Rusak Terupdate
Cara Mengurus KTP Hilang / Rusak

Jika persyaratan dibawah ini telah dipenuhi maka penerbitan eKTP yang baru bisa di proses lebih lanjut.

Persyaratan KTP Hilang :


1. Surat Keterangan Laporan Kehilangan dari Kepolisian

2. Surat Pengantar Dari RT dan RW

3. FotoCopy Kartu Keluarga (KK)

4. Surat Pernyataan Ybs BERMATERAI 6000

5. Surat Kuasa Bagi Yang Dikuasakan BERMATERAI 6000


Persyaratan KTP Rusak :


1. Menunjukkan eKTP Yang Rusak

2. Surat Pengantar Dari RT dan RW

3. FotoCopy Kartu Keluarga (KK)

4. Surat Pernyataan Ybs BERMATERAI 6000

5. Surat Kuasa Bagi Yang Dikuasakan BERMATERAI 6000


Persyaratan diatas sudah mutlak dan tidak bisa dikurangi kelengkapannya. Saya rasa syarat diatas tidaklah terlalu sulit tapi memang menyita waktu anda untuk mengurusnya.

Prosedur Pembuatan eKTP Pengganti eKTP Yang Hilang / Rusak


Sepertinya tidak semua sama prosedur pengurusan eKTP yang hilang, untuk daerah DKI Jakarta cukup datang ke kantor kecamatan dan ke kelurahan dengan membawa persyaratan diatas, tapi di daerah lain sepertinya ada yang berbeda seperti harus ke kantor suku dinas kependudukan untuk memperoses eKTP yang hilang.

Berikut ini Prosedur Mengurus eKTP yang Hilang :

1. Buat Laporan Kehilangan KTP

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa KTP anda memang hilang atau rusak, kalau memang rusak parah yah anggap saja hilang. Jika sudah dipastikan hilang harap lapor secepatnya ke kepolisian dimana KTP anda hilang (beda wilayah antara pembuatan KTP dan Kantor Kepolisian tidak masalah , yang penting ada surat laporan kehilangan).

Kantor Kepolisian tidak harus dan tidak perlu ke mabes polri (memang situ hilang apaan?), cukup datang ke polsek terdekat anda. Jangan lupa bawa kartu keluarga (tidak bawa juga tidak masalah) dan fotocopy KTP yang hilang (jika ada) agar nantinya pihak kepolisian tidak salah input data anda.

Untuk lebih jelas, beginilah alurnya :
  • Minta Surat Pengantar dari ketua RT (bawa fotocopy KK) lalu Surat tersebut bawa ke kantor RW untuk dilegalisasi.
  • Buat Laporan Kehilangan ke Kantor Kepolisian (polsek), biasanya pihak kepolisian sudah ada format baku laporan kehilangan kepolisian dan itu sudah ada dalam komputer kepolisian jadi anda tinggal bawa data anda (fotocopy KTP atau KK atau juga SIM) sebagai data inputan supaya tidak terjadi salah input. Ingat proses disini tidak ada biaya namun terkadang ada kebijakan yang berbeda-beda.
  • Buat Surat Pernyataan Bahwa Benar KTP anda telah hilang. Untuk surat ini anda bisa tulis tangan ataupun diketik serta tempelkan materai 6000 juga. Untuk contoh suratnya bisa dilihat dibawah ini :
    Surat Pernyataan Kehilangan KTP
    Surat Pernyataan Kehilangan

Note : Untuk prosedur diatas bisa dibolak balik mana duluan yang harus dilakukan, karena memang lapor polisi duluan baru ngurus surat pengantar dari RT dan RW tidak lah menjadi masalah.

Intinya kelengkapan administrasi diatas wajib di lengkapi.

2. Datangi Kantor Kecamatan

Langkah selanjutnya yaitu membawa kelengkapan administrasi yang sudah anda punya untuk diajukan ke kantor kecamatan. Ingat ke kantor kecamatan dulu ya (Ke kelurahannya nanti jika sudah selesai semua di kantor kecamatan).

Untuk detailnya seperti ini :

a. Siapkan Berkas Yang Akan Dibawa yaitu :

  • Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian *
  • Surat Pengantar dari RT / RW *
  • Fotocopy KK dan Fotocopy KTP (Jika masih menyimpan). *
  • Surat Pernyataan Kehilangan yang bermaterai *
  • Materai 6000 sebanyak 1 lembar.
  • Karena ini elektronik KTP maka tidak perlu bawa foto karena sudah ada rekam data sebelumnya.
Note : yang saya beri tanda  *di fotocopy 2X

b. Susun Berkas dengan rapih agar tidak ruwet.

Jika berkas sudah disusun rapih persiapkanlah untuk dibawa ke kantor kecamatan, sebelumnya siapkan berkar-berkas yang asli seperti KK jika sewaktu-waktu ditanyakan jadi tidak bolak balik.

c. Datangi Kantor Kecamatan

Dari rumah dengan membawa berkas-berkas langsung saja ke kantor kecamatan jangan ke kantor kelurahan karena nanti jika kekelurahan pasti disuruh ke kecamatan terlebih dahulu.

Apa yang harus dilakukan di kantor kecamatan ?
  • Ambil nomor antrian di pusat pelayanan (jika kondisi sepi anda bisa langsung ke petugasnya saja).
  • Tunggu hingga petugas memanggil anda, jika terpanggil segera serahkan berkasnya semua.
  • Pada saat ini anda akan mengisi form Permohonan Pencetakan eKTP Karena Hilang / Rusak.
  • Petugas akan melakukan pengecekan kelengkapan berkas, jika berkasnya lengkap maka petugas akan melanjutkan berkas tersebut untuk diajukan ke kepala kecamatan untuk dilakukan legalisasi kepengurusan. Contoh surat dari kecamatan :
    Berita Acara Pemeriksaan Kehilangan, Surat Dari Kecamatan
    Berita Acara Pemeriksaan Kehilangan

Jika sudah dapat surat berita acara pemeriksaan kehilangan dari kecamatan yang sudah di tanda tangani dan di cap, maka pada tahap ini anda sudah dapat surat pengantar dari kecamatan untuk dibawa ke kantor kelurahan.

3. Tahap Akhir Datangi Kantor Kelurahan

Pada tahap akhir ini tentunya kalian harus membawa berkas yang diberikan dari kantor kecamatan agar nantinya petugas kelurahan dapat memproses permintaan anda.

Proses apa saja yang harus dilakukan di kantor kelurahan ?
  • Ambil nomor antrian, kalau sepi langsung aja ke petugas layanan.
  • Serahkan berkas yang anda miliki (Surat dari kantor kecamatan).
  • Tunggu (Siapkan handphone biar ga bosen..hehehe) bisa lama bisa juga cepat.
  • Jika tidak ada masalah, kantor kelurahan akan memberikan anda SUKET. bukan eKTP karena blangko eKTP masih langka. Tapi tenang SUKET ini juga sama seperti eKTP karena didalam SUKET tersebut terdapat data diri anda dan juga barcode.
Dalam rangka apa dikeluarkannya SUKET?

SUKET adalah Surat Keterangan pengganti KTP elektronik yang tujuannya untuk percepatan proses administrasi yang mana suket tersebut bisa digunakan sebagaimana dengan semestinya.

SUKET berupa lembaran kertas namun sifatnya hanya sementara sampai KTP elektronik dikeluarkan atau diterbitkan oleh pihak keluharan.

Menurut petugas pelayanan di kelurahan, kita diharuskan menunggu sampai dengan 6 bulan untuk dapat merima KTP elektronik yang sebenarnya.

Itulah cara mengurus KTP yang Hilang, jika ada yang ingin ditanyakan seputar informasi ini bisa mengisi dikolom komentar dibawah ini. Mudah-mudahan saya dapat menjawabnya dengan baik.

Salam sukses, semoga bermanfaat.


Tags

0 Komentar untuk "Cara Mengurus KTP Hilang Rusak Terupdate"