e-Faktur Error ETAX-40006 Artinya Gagal Update e-Faktur Error ETAX-40006 Artinya Gagal Update - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

e-Faktur Error ETAX-40006 Artinya Gagal Update

e-Faktur Error ETAX-40006 Artinya Gagal Update - Hal ini berhubungan dengan kondisi server pajak yang sedang downtime seperti pengumuman yang dapat dilihat di situs pajak.go.id . Dalam pengumunan tersebut diberitahukan bahwa penggunaan aplikasi efaktur tidak dapat digunakan  karena sedang ada update efaktur ke versi 2.0.

Sepertinya kantor pajak sedang sibuk-sibuknya menjawab telphone dari pengguna aplikasi efaktur desktop karena aplikasi efaktur pajak pada beberapa perusahaan bahkan nasional terjadi error pada saat ingin menggunakannya.

Banyak pengguna aplikasi efaktur menghubungi layanan kring pajak di 1500200 tapi susah sekali masuk dan bahkan sering sibuk, mungkin saking banyaknya telphone yang masuk sehingga susah dihubungi. Sekalipun berhasil terhubung ke petugas pajak, ternyata untuk mengatasi solusi tersebut petugas pajak menganjurkan wajib pajak harus datang ke kantor pajak.

Sebenarnya masalahnya kita yaitu hanya butuh update aplikasi efaktur pajak saja dan kita butuh software update efaktur. Namun server pajak mengalami masalah sehingga kita tidak bisa mengunduh secara otomatis.

Untuk mengatasi masalah Error ETAX-40006 : Error Update Tidak Dapat Mengambil File. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
e-Faktur Error ETAX-40006 Artinya Gagal Update, Cara Mengatasi Error ETAX-40006 : Error Update Tidak Dapat Mengambil File
e-Faktur Error ETAX-40006 Artinya Gagal Update

Cara Mengatasi Error ETAX-40006 : Error Update Tidak Dapat Mengambil File


Untuk mengatasi error tersebut kita harus mengunduh software update efaktur yang versi 2.0 dan tentunya disesuaikan dengan system komputernya, apakah menggunakan 32Bit atau 64 Bit.Silahkan tanyakan ke bagian IT jika kesulitan mengetahui versi 32 bit atau 64 bit.

1. Unduh File Update eFaktur V2.0

Silahkan unduh file update efaktur v2.0 dari situs resmi pajak di aplikasi eFaktur lalu unduh file efaktur yang sesuai dengan versi efaktur punya anda apakah efaktur untuk windows 32bit atau 64 bit. Lihat digambar dibawah ini :
Unduh File Update eFaktur, etaxinvoice, e-faktur
Unduh File Update e-Faktur

Jika file tersebut diatas tidak dapat diakses atau tidak dapat di unduh silahkan download file update efaktur v2.0 dibawah ini :
Update e-Faktur V2.0
Unduh file diatas lalu ekstrak, pilih file efaktur sesuai dengan windows versi 32bit atau 64bit.



2. Backup File Database eFaktur Dan Update Manual Aplikasi eFaktur V.2.0

Pastikan aplikasi eFaktur yang ada di komputer anda dalam kondisi tidak terbuka atau tidak sedang berjalan, karena jika eFaktur masih dalam kondisi berjalan kita tidak dapat membackup database.
  • Buka folder aplikasi eFaktur yang anda gunakan. Lalu temukan folder db. 
  • Kompres folder db menjadi backup_db.rar lalu pindahkan ke tempat lain seperti ke flashdisk atau drive D.
  • Atau copy saja folder eFaktur yg anda gunakan, lalu pindahkan ke drive lain (harddisk, flashdisk atau dvd) hal ini untuk menjaga-jaga jika terjadi kesalahan update eFaktur. 
Backup Folder db eFaktur
Backup Folder db

3. Extract Aplikasi eFaktur V.2.0

Pada tahap ini tolong dipastikan bahwa folder db pada aplikasi efaktur anda sudah benar-benar dibackup. Jika sudah, lanjutkan mengekstrak file aplikasi eFaktur.exe atau lihat gambar dibawah ini :
(Yang diekstrak file yang telah di unduh)
Extract File eFaktur
Extract File eFaktur

Jika sudah di ekstrak maka hasilnya akan seperti ini :
Hasil extract file eFaktur, hasil ekstrak file eFaktur
Hasil Extract File eFaktur

4. Salin File backup_db ke dalam File Extract eFaktur

Lihat kembali file backup db yang di jadikan rar, lalu salin file backup tersebut kedalam folder eFaktur V.2.0. Jadi lihat gambar diatas (Hasil Extract File eFaktur) lalu taruh file backup_db.rar lalu di ekstrak menjadi folder db.

5. Jalankan ETaxInvoice.exe

Jalankan file ETaxInvoice.exe yang ada di folder eFaktur v.2.0 lalu biarkan proses update berjalan hingga aplikasi siap digunakan.

Jika sudah bisa digunakan aplikasi eFaktur V.2.0 maka langkah selanjutnya yaitu merename file ETaxInvoiceUpd menjadi ETaxInvoiceUpd_Old jangan lupa untuk menutup aplikasi eFaktur V.2.0 terlebih dahulu untuk merename file tersebut.

Sampai disini anda sudah bisa menggunakan aplikasi eFaktur V.2.0 dan jangan lupa file eFaktur yang lama untuk tetap disimpan saja jangan dihapus.

Tips:
Apabila sudah berhasil mengupdate eFaktur secara manual, diharapkan untuk tidak menjalankan file eFaktur yang lamanya karena akan menyebabkan error pada aplikasi eFaktur V.2.0.

Pindahkan file eFaktur V.2.0 ke Drive C lalu buat shortcut ke desktop, shortcut yang lama hapus saja.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "e-Faktur Error ETAX-40006 Artinya Gagal Update"

Subscribe