e-Faktur Error ETAXSERVICE-40008 Artinya Gagal Upload (Reject) e-Faktur Error ETAXSERVICE-40008 Artinya Gagal Upload (Reject) - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

e-Faktur Error ETAXSERVICE-40008 Artinya Gagal Upload (Reject)

e-Faktur Error ETAXSERVICE-40008 Artinya Gagal Upload (Reject) - Jika sebelumnya saya membahas tentang error etax-40006 yang artinya gagal update, nah baru-baru ini teman saya dikantor menanyakan kenapa proses status upload e-faktur nya Reject? dengan keterangan reject :
ETAXSERVICE-40008 : Service Error, Lakukan Upload Ulang
padahal semua data yang disampaikan dalam e-faktur sudah benar?

Jika masalahnya upload berarti ini masalah jaringan atau koneksi, entah itu jaringan lokal atau jaringan luar. Untuk jaringan lokal kita bisa cek koneksi internetnya sedangkan untuk jaringan luarnya kita bisa cek server pajaknya.

Sebelum saya mengecek aplikasi e-faktur pajak, saya pastikan dulu jaringan komputer di kantor saya tidak masalah, terutama koneksi internet. Jika koneksi internet tidak masalah berarti masalahnya ada di komputer aplikasi e-faktur pajak.

e-Faktur Error ETAXSERVICE-40008 Artinya Gagal Upload (Reject)

Cara mengatasi Error ETAXSERVICE-40008

Untuk mengatasi error etax-40008 kita terlebih dahulu memastikan beberapa hal dibawah ini supaya kita mengetahui dimana letak permasalahan etaxservice-40008:

1. Cek kondisi PC

Pastikan tidak ada virus adware maupun malware. Untuk memastikan tidak ada virus bisa discan menggunakan antivirus seperti kaspersky internet security  atau adwcleaner yg gratis.

2. Cek jaringan internet

Hal ini penting karena aplikasi e-faktur berkomunikasi dengan server pajak melalui jaringan internet. Jika tidak ada jaringan internet otomatis kita tidak bisa upload e-faktur.

Untuk memastikan server pajak tidak lagi down atau lagi maintenance kita bisa cek ke alamat dibawah ini :

- http://svc.efaktur.pajak.go.id/wsdl/MasterFakturService.wsdl

Jika kita klik link diatas menampilkan data berupa xml maka dapat dipastikan server pajak tidak ada masalah. Lihat gambar dibawah ini :

cara cek server e-faktur pajak, wsdl service pajak


Jika klik link diatas tidak menampilkan struktur data xml maka dapat dipastikan server e-faktur pajak lagi down. Kalau kondisinya seperti ini anda harap sabar menunggu hingga server e-faktur pajak up lagi.

Apabila kondisi server e-faktur pajak sedang up, maka lakukan langkah selanjutnya dibawah ini yaitu :

3. Restart komputer

Sebelum merestart komputer pastikan sudah tidak ada lagi aplikasi yang berjalan atau terbuka. jika sudah direstart buka aplikasi e-faktur kembali lalu lakukan upload ulang.



4. Upload Ulang

Menurut pengalaman saya error etaxservice-40008 itu biasanya server e-faktur pajak lagi down sehingga kita tidak bisa upload, mau dicari caranya biar bisa juga tidak akan bisa. Jika sudah begitu saya menganjurkan tunggu beberapa jam lagi bahkan tunggu hingga esok hari.

Dengan menunggu esok hari biasanya proses upload tidak ada masalah, untuk sementara ini cara mengatasi error etaxservice-40008 cukup sampai disini.

Tips menjaga komputer e-faktur tetap aman:
  • Komputer yang digunakan untuk e-faktur pajak wajib menggunakan antivirus.
  • Jangan biarkan pengguna komputer e-faktur pajak memasukkan aplikasi tidak penting dan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan seperti : aplikasi game, line dan lainnya.
  • Hati-hati bila menjelajahi internet, awas malware ataupun adware.

Semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "e-Faktur Error ETAXSERVICE-40008 Artinya Gagal Upload (Reject)"

Subscribe