Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense Terbaru Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense Terbaru - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
logo

Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense Terbaru

Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense - Meningkatkan pendapatan dari google adsense (matched content) bukan perkara mudah tapi tidak mustahil, karena diperlukan extra kerja keras dari setiap publisher.

Proses extra kerja keras sudah di alami atau dilewati oleh blogger senior dan sekarang mereka (senior) sedang mendulang uang dari google adsense (gimana, anda mau seperti senior).

Tapi tak jarang pula dari beberapa publisher merasa kecewa dengan apa yang telah didapatnya dari google adsense karena sering kali nilai BPK (Biaya Per Klik) terutama di indonesia sangat minim sekali bila dibandingkan dengan negara lain (sebut saja amerika).

Banyak faktor yang menyebabkan kenapa biaya per klik sangat rendah diantaranya :
  • Tidak melakukan optimasi iklan google adsense
  • Tidak menggunakan saluran khusus
  • Niche blog tidak fokus (Niche gado gado) optional
  • Kontent kurang berbobot
  • Memang lagi musim bpk kecil
  • Dan lain-lain

Baca juga : Cara pasang saluran khusus google adsense

Dari faktor-faktor diatas sangat jelas bahwa seorang publisher wajib melakukan tunning atau optimasi niche situs serta kontennya agar pengiklan mau membayar tinggi iklannya karena sesuai dengan target pengiklan.

Terlepas dari masalah biaya per klik yang sangat rendah ada baiknya kita memaksimalkan iklan adsense dengan cara menambahkan jenis iklan "Matched Content" kedalam situs kita.

Yang jadi pertanyaan, kenapa harus jenis iklan Matched Content ? kenapa tidak jenis iklan yang lainnya seperti jenis iklan ads in artikel atau yang lainya.

Jawabannya,

Karena jenis unit iklan matched content adalah jenis iklan khusus yang diberikan oleh google kepada situs yang memiliki kreteria tertentu (situs yang dipandang google adsense baik) tapi ingat bahwa matched content tidak menjadikan BPK otomatis tinggi.

Lalu apa sih iklan Matched Content itu?

Matched Content atau konten yang sesuai (bahasa indonesianya) adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan konten anda kepada pengunjung situs. Matched content ini fungsinya hampir mirip dengan related post (artikel terkait) yang ada di situs kita, namun bedanya matched content itu hadiah gratis dari google adsense sedangkan related post adalah buatan atau setingan pribadi.

Karena matched content adalah jenis iklan yang diberikan oleh google adsense maka tampilan atau layout pada matched content terdapat text logo berupa "Powered by Google" pada kiri atas yang artinya produk ini dari google.

Baca juga : Cara membuat unit iklan tautan google adsense

Fungsi lain dari matched content dan related post adalah untuk meningkatkan jumlah PV (pageview) sehingga pengunjung akan betah berlama-lama membaca dan menelusuri isi situs kita untuk melihat artikel yang lainnya.

Fitur matched content dulu dan sekarang berbeda, trus apa bedanya ?

Dulu fitur matched content tidak terselip atau tidak disisipkan iklan dari google adsense tapi sekarang dapat terselipkan atau disisipi iklan dan mengenai sisipan iklan ini bisa kita aktifkan dan bisa tidak diaktifkan (suka hati).

Lantas bagaimana mendapatkan matched content ?

Untuk mendapatkan matched content bukanlah hal yang sulit di dapatkan bagi publisher pemula namun ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan iklan matched content tersebut. Untuk lebih jelas bacalah persyaratannya dibawah ini.

Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense Terbaru, Cara Memasang Matched Content Google Adsense Terbaru

Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense


Setelah panjang lebar membahas arti dari iklan matched content tentunya sedikit banyak anda sudah mengetahui apa itu iklan Matched Content dan pastinya anda akan bertanya bagaimana cara mendapatkannya. Karena banyak dan tidak semua blog atau website sudah bermitra dengan google adsense mendapatkan fitur tambahan ini (Matched Content).

Salah satunya adalah blog "berguruit" yang sedang anda baca ini yang sudah mendapatkan fitur tambahan matched content, kalau tidak percaya lihat saja kebawah artikel ini.

Berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan dan lakukan agar mendapatkan fitur tambahan (matched content) dari google adsense, yaitu :

1. Punya Niat Untuk Mengembangkan Blog / Situs


Kebanyakan orang mungkin senang membuat blog atau situs pribadi, tapi banyak juga tak tahan untuk terus membuat artikel karena tidak ada ide atau juga adanya kesibukan lain-lain diluar ngeblog. Itu tidak masalah jika punya kesibukan lain diluar blogging asalkan blog-nya di perhatikan, perhatikan datanya di webmaster google dan perhatikan juga trafik.

Sayang banget kalau blog pribadi punya trafik tinggi tapi di cuekin, banyak para blogger diluar sana yang mencari-cari trafik bahkan untuk mendapatkan trafik yang ideal meraka terus rutin melakukan posting artikel baru.

Jadi buat anda yang punya niat untuk mengembangkan blog / situs pribadi silahkan mengejar apa itu yang dinamakan penghasilan dari internet.

Tanpa niat yang kuat jangan coba-coba untuk cari penghasilan dari blog pribadi karena hanya akan menguras energi anda.



2. Rajin Posting Artikel


Rajin posting artikel bukan berarti setiap saat atau setiap waktu posting artikel (ini bicaranya blog pribadi ya) bisa juga 1 hari 1 postingan atau juga seminggu minimal 3 artikel. Dengan banyaknya artikel yang kita posting otomatis trafik akan semakin berkembang dengan catatan artikel harus berada di halam pertama di search enggine google.

Tapi ingat dalam membuat artikel harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Pahami SEO Onpage dan Offpage
  • Tidak menggunakan bahasa gaul
  • Artikel tidak membahas apa yang dilarang oleh google (pelajari kebijakan dan larangan google)
  • Jangan jadi plagiat (bahaya)
  • Jangan lupa submit ke webmaster (Refresh sitemap dan fetch as google)
  • Dan share ke sosmed (Hati-hati juga biar tidak dianggap spam)
  • Penting "Jangan Share ke Group IAPD di google plus"
  • Utamakan pencarian dari organik

Kenapa harus memperhatikan hal-hal diatas ? karena hal-hal diatas bertujuan untuk memposisikan artikel yang kita posting berada di halaman pertama di mesin pencarian google atau search enggine google.

Apabila kita tidak memperhatikan hal-hal diatas akibatnya artikel akan berada di halaman 2,3 atau 50 di mesin pencarian google. Jadi jangan asal posting yah, karena hanya akan menyia-yiakan waktu anda saja.

Saya mendapatkan fitur matched content ketika artikel saya hanya 118 artikel

3. Sudah Di Monetisasi Secara Optimal


Sudah di monetisasi secara optimal disini maksudnya bukan memonetisasi secara berlebihan seperti menempatkan iklan atau memasang iklan secara berlebihan walaupun sekarang ini google tidak membatasi jumlah iklan dalam 1 halaman hanya saja konten dan iklan harus lebih banyak kontennya.

Google secara resmi menyebutkan bahwa untuk mendapatkan fitur matched content harus dimonetisasi secara optimal. Optimal disini maksudnya adalah mengetahui atau mengerti secara keseluruhan bagaimana menempatkan iklan sesuai dengan TOS google adsense sehingga apabila kita menempatkan sebuah iklan tidak melanggar apapun yang tidak diperbolehkan oleh google adsense.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan iklan ?

Sedikit cara yang saya ketahui dan sudah saya jalani untuk mengoptimalkan iklan yaitu :
  • Coba gaya iklan yang berbeda-beda
  • Coba beberapa ukuran iklan
  • Coba juga Pindah Lokasi Penempatan Iklan
  • Gunakan beberapa iklan tautan
  • Tidak usah blokir iklan dulu (apa adanya saja dulu)
Baca juga : Cara edit unit iklan infeed google adsense

Intinya cara diatas itu adalah bereksperimen baik itu eksperimen penempatan iklan maupun eksperimen jenis dan ukuran iklan sehingga kita mengetahui mana yang terbaik untuk blog / situs kita.

4. Jumlah Trafik Minimal 800 (PageView)


Yah, saya mendapatkan fitur matched content hanya dengan trafik sekitaran 800 dan itu hanya 1 hari saja saya mencapai trafik segitu dan esok harinya malah turun trafiknya ke 500 pv tapi anehnya setelah 2 hari kemudian setelah trafik mencapai 800 saya diberikan fitur matched content tersebut oleh google adsense.

Hanya saja trafik tersebut hampir 90 persen berasal dari organik dan sisanya dari direct dan refferal. Tapi bukan berarti trafik-trafik yang berasal dari media sosial tidak dihitung oleh google adsense, tetap yang berasal dari media sosial dihitung oleh google.

Memang rada aneh saya mendapatkan fitur matched content hanya dengan trafik 800 pageview perday tapi itulah kenyataannya. Gimana tidak aneh, sementara blog-blog besar seperti senior saya di blogging rata-rata mendapatkan fitur matched content ketika pageview dikisaran 1500 - 2000 lebih perday.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan trafik seperti saya, menimalnya ?

Yang saya lakukan untuk mendapatkan trafik banyak :
  • Baca artikel diatas nomor 1 dan 2
  • Buat artikel yang berskala nasional (atau artikel yang sedang viral)
  • Pakai cara ATM (Amanti Tiru dan Modifikasi) dalam menyusun artikel
  • Lengkapi monitor trafik dengan google analytics (blogger pasti tau)

Itulah cara saya mendapatkan trafik yang banyak (menurut saya yang newbie, hehe). Kalau anda mau mendapatkan fitur matched content maka ikutilah saran dan cara saya, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini anda menjadi semangat ngeblog dan mendapatkan apa-apa yang telah diniatkan.

amin.

Intinya PV tidak harus puluhan ribu untuk mendapatkan fitur matched content, saya cuma 800 PV perhari sudah bisa mendapatkan fitur matched content ini.


Cara Memasang Matched Content Google Adsense Terbaru


Setelah mendapatkan fitur matched content tentunya kita akan segera ingin memasangnya, namun cara dulu yang dulu dan sekarang berbeda langkahnya hanya saja maksud dan tujuannya saja sama.

Dulu matched content ada di barisan menu bar di aplikasi web google adsense dan sekarang letak matched content ada di dalam menu "My Ads" atau "Iklan saya".

Jadi inilah cara memasang matched content sesuai urutannya (Terbaru):

1. Login Ke Google Adsense

2. Di Menu navigasi sebelah kiri klik "My Ads"

3. Klik Tombol "+ Unit Iklan Baru"

Unit iklan baru google adsense
4. Pilih Matched Content

Select Matched Content Google Adsense

5. Setelah itu, Ikuti petunjuk ini :
  • Ad Unit Name : Isi dengan nama iklan (terserah apa saja, yang penting inget)
  • Ad Options : Untuk Mengaktifkan Monetize ads (sebaiknya aktifkan)
  • Style : Untuk Settingan Layout Matched Content (Boleh di ganti-ganti sesuai selera)
  • Size : Ukuran boleh Responsive atau custom (Sebaiknya responsive)
  • Save and Get Code : Simpan dan ambil kode script nya.
Kode Script Matched Content

6. Salin dan Tempelkan di Blog Anda.

Untuk menempatkan iklan matched content bisa dimana saja(asal tidak melanggar TOS google), namun umumnya para blogger meletakkan di bagian bawah setelah artikel atau bisa juga di sidebar.

Berhubung matched content adalah konten artikel terkait maka blog anda yang ada widget artikel terkait bisa di ganti dengan Matched Content atau bisa juga diatas widget artikel terkait.

Penting :
  • Setelah menempelkan kode iklan matched content di blog tunggu beberapa saat (20 hingga 30 menit) lalu cek status iklan (matched conten) dari Baru menjadi Aktif
  • Setelah aktif cek apakah sudah tampil atau belum iklannya.
  • Jika sudah maka akan tampil iklan matched content dengan tampilan text saja (karena kita harus menunggu kurang lebih 1 minggu atau lebih lama, baru muncul iklan gambarnya).

Tips :
  • Usahakan Setiap label berisi minimal 10 artikel (Biar Matched Content Padet dengan artikel anda)
  • Setelah gambar muncul anda bisa memasukkan baris kode ke dalam script matched content untuk mengubah atau mengatur tampilan matched content, ini caranya resmi dari google

Jenis iklan Matched Content bertujuan untuk meningkatkan PV (Page View) blog sekaligus juga untuk meningkatkan earning dari google adsense. Jadi buruan di kejar, biar gak ketinggalan.

Demikian artikel tentang cara mendapatkan matched content google adsense dan cara memasang matched content google adsense ke dalam blog, apabila ada yang kurang jelas silahkan pertanyakan dengan cara menulis di kolom komentar dibawah ini.

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih

Tags

0 Komentar untuk "Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense Terbaru"