e-Faktur Error eTax 10002 : Tidak Dapat Mengambil Data e-Faktur Error eTax 10002 : Tidak Dapat Mengambil Data - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
VB.Net

VB.Net Tutorial Untuk pemula

Instant Article

Cara Membuat Instant Article Untuk Blogger

logo

e-Faktur Error eTax 10002 : Tidak Dapat Mengambil Data

EFaktur error eTax 10002 : Tidak dapat mengambil data - Saya temukan pada saat membuka aplikasi eTax, padahal sebelumnya tidak pernah terjadi hal demikian.

Setelah sekian kali saya coba buka aplikasi eTax dan muncul error eTax 10002 akhirnya saya coba cek satu persatu mulai dari kondisi komputer sampai dengan jaringan internet.

Awalnya saya curiga hal ini dikarenakan koneksi internet yang tidak ada dan bahkan saya cek komputer apakah terserang virus atau tidak.

Setelah cek and ricek ternyata kondisi jaringan dan komputer tidak bermasalah. Lalu apa yang menyebabkan error eTax 10002 ?

Baca juga : Cara mengatasi Error eTax 40001

Intinya error etax 10002 itu tidak dapat mengambil data karena koneksi terputus. berikut ini penjelasannya :

1. Data yang ada di database

Bisa jadi data yang ada di database tidak dapat diambil lantaran jaringan komputer client dan server tidak terhubung dengan baik atau terputus.  Hal ini sering terjadi pada saat penginputan faktur pajak pengeluaran dan muncul error etax 10002.

2. Data yang ada di server pajak

Terkadang aplikasi eTax melakukan async atau pemeriksaan update antara aplikasi etax dengan server pajak, bisa update data atau juga update code program. Jika tidak ada update tentunya aplikasi akan berjalan normal namun apabila ada update tapi tidak bisa mengambil datanya pasti akan muncul error etax 10002.

Baca juga : Error eTax 60011 gagal menyimpan ssp

e-Faktur Error eTax 10002 : Tidak Dapat Mengambil Data

Untuk Mengatasi Error eTax 10002, ini dia Caranya.

Untuk mengatasi error eTax 10002 tidaklah terlalu sulit, cukup modal sabar dan tentunya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Tutup semua aplikasi yang ada di client dan yang ada di komputer server (eTax) lalu restart komputer.

2. Jika sudah direstart coba buka aplikasi eTax lagi, utamakan komputer server dahulu baru client dijalankan. Utamakan juga komputer server pada saat memilih database sebagai server muncul notifikasi berhasil menjalankan database sebagai server.

Baca juga : Cara mengetahui sertifikat efaktur expired

3. Jalankan etax pada client seperti biasa dan pilih nama database yang ada di server hingga muncul notifikasi database terkoneksi.

4. Khusus untuk yang pertama kali buka program eTax muncul error eTax 10002 cukup dengan menutup atau close aplikasi eTaxnya lalu restart komputer dan tunggu hingga minimal 30menit baru coba jalankan lagi seperti biasa. Hal ini dikarenakan ada sesuatu yang tidak dapat dikomunikasikan dengan baik antara komputer server dan server pajak.



Saya kira permasalahan error etax 10002 tidak dapat mengambil data sudah dapat diatasi dengan cara diatas, apabila tidak bisa coba ulangi langkah-langkah diatas pasti berhasil.

Demikian cara mengatasi error etax 10002 tidak dapat mengambil data, apabila ada yang ingin ditanyakan terkait error etax silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga berhasil dan bermanfaat.



0 Komentar untuk "e-Faktur Error eTax 10002 : Tidak Dapat Mengambil Data"