Pengertian Codeigniter dan Cara Menggunakan CodeIgniter Pengertian Codeigniter dan Cara Menggunakan CodeIgniter - Berguru IT - Tutorial Visual Basic, Networking, Tips dan Trik
logo

Pengertian Codeigniter dan Cara Menggunakan CodeIgniter

Pengertian Dan Cara Menggunakan CodeIgniter

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena sudah berkenan berkunjung ke www.berguruit.com, mudah-mudahan dengan artikel yang bertemakan pengertian dan cara menggunakan codeigniter dapat membantu anda dalam memahami framework PHP yaitu codeigniter.

Seperti yang kita tau bahwasannya codeigniter merupakan framework yang paling banyak digunakan oleh developer untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web atau disebut webbase, walaupun sekarang lagi booming laravel tapi pengguna codeigniter masih banyak juga sepertinya.

ok langsung saja,

Berikut ini adalah pengertian codeigniter dan bagaimana cara menggunakan codeigniter :

Pengertian dan cara menggunakan codeigniter

1. Pengertian CodeIgniter

CodeIgniter merupakan framework PHP yang bersifat opensource yang menggunakan metode MVC (Model, View dan Controller), dengan tujuan agar para developer dapat dengan mudah dan cepat dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web.

Framework apa sih?

Framework adalah kumpulan perintah-perintah atau prosedur yang dikumpulkan dalam class dan function-function dengan fungsi masing-masing untuk memudahkan developer dalam pemanggilannya tanpa harus menulis ulang syntax program yang sama sehingga terciptalah sebuah syntax yang bersih dan terstruktur.

Yang namanya opensouserce pasti free alias tidak bayar alias gratis, jadi jangan khawatir untuk menggunakannya.

Lalu apa itu MVC ?

MVC adalah tehnik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga bagian yaitu Model, View dan Controller. Berikut ini penjelasannya :
  • Model => merupakan bagian dari penanganan yang berhubungan dengan pengelolaan atau manipulasi database. Seperti get data dari databse, insert ke database dan pengelolaan database lainnya, jadi model cocoknya untuk perintah pengelolaan database. contoh :
    
    class M_apps extends CI_Model {
       function edit_data($where,$table){
            return db->get_where($table,$where);
       }
    
       function get_data($table){
     return $this->db->get($table);
       }
    }
    
  • View => merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul di antarmuka pengguna / user. Jadi file halaman semuanya dikumpulkan dalam folder views di codeigniter sehingga memudahkan web design dalam melakukan pengembangan pada tampilan halaman website.
  • Controller merupakan kumpulan intruksi aksi untuk menghubungkan antara model dan view, sehingga user tidak terhubung langsung ke model. Contoh :
    
    Class Admin extends CI_Controller {
       function index(){
          $data['contoh'] = $this->m_apps->get_data('tbldata')->result();
          $this->load->view('admin/header');
          $this->load->view('admin/index',$data);
          $this->load->view('admin/footer');
       }
    }
    
Dari penjelasan diatas tentang Model View Controller dapat disimpulkan bahwa :
  1. Model berfungsi untuk urusan pengelolaan database
  2. View berfungsi untuk menampilkan halaman
  3. Controller berfungsi sebagai penghubung antara model dan view
Konsep MVC Codeigniter
Flow Konsep MVC CodeIgniter


Jadi sebenarnya sangat mudah sekali mengembangkan aplikasi webbase jika menggunakan konsep MVC karena pembagian tugas antara front-end atau web designer dan back-end dapat dipisahkan atau anda juga bisa sebagai front-end sekaligus back-end juga tidak masalah.

Menurut pengalaman saya, mempelajari framework codeigniter cukup membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan dengan syarat mau cari tau dan cari referensi buku jika memang anda tidak punya gurunya.

Keuntungan menggunakan CodeIgniter
  • Kemudahan dalam menggunakannya
  • Free / Opensource
  • Dokumentasinya jelas
  • Syntax akan lebih terstruktur, terkecuali anda asal-asalan bikinnya.
  • Fasilitas yang ada di CodeIgniter antara lain : Helper, Library, pagination dll.
  • Kalau soal keamanannya lumayan bagus.

2. Cara Menggunakan CodeIgniter

Sebelum menggunakan codeigniter sebaiknya anda lakukan pengunduhan filenya di situs resmi codeigniter. Jika sudah, anda tinggal mengextraknya saja lalu pindahkan file tersebut ke folder htdocs atau localhost anda (saya menggunakan OS Windows, jadi untuk pengguna linux mohon maaf).

Bisa juga nama folder codeigniter diganti dengan nama aplikasi yang nantinya anda ingin buat, contoh : nama folder CodeIgniter-3.1.7 saya ganti dengan sebaitcode.

Sebelumnya, pastikan juga aplikasi xampp sudah terinstall di komputer anda untuk menjalankan aplikasi codeigniter.

Jika sudah terpasang di folder htdocs silahkan buka browser anda lalu masukkan alamat seperti ini : http://localhost/sebaitcode


Apabila muncul seperti gambar dibawah ini, artinya anda sudah berhasil menginstall dan pastinya sudah siap untuk digunakan.

Welcome To CodeIgniter


saya kira sampai disini dulu tentang pengertian codeigniter dan cara menggunakan codeigniter, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini.

oh iya satu lagi, jika ingin membaca user guide codeigniter anda bisa mengaksesnya di alaman ini :

http://localhost/sebaitcode/user_guide/.

Tutorial selanjutnya saya akan coba menjelaskan beberapa fungsi library dan helper di codeigniter.



0 Komentar untuk "Pengertian Codeigniter dan Cara Menggunakan CodeIgniter"